Lewat AI, Insinyur Facebook Ciptakan Tiruan Suara Bill Gates

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Lewat AI, Insinyur Facebook Ciptakan Tiruan Suara Bill Gates
Pendiri Microsoft, Bill Gates. [Shutterstock]

Para insiyur menyematkan suara tiruan dari pendiri Microsoft Bill Gates.

Suara.com - Para insiyur di Facebook berhasil merancang sebuah klip suara yang dihasilkan oleh sistem pembelajaran yang disebut MelNet. Berkat bantuan teknologi kecerdasan buatan atau AI, para insiyur menyematkan suara tiruan dari pendiri Microsoft Bill Gates ke dalam klip suara tersebut.

Uniknya, suara yang dihasilkan dapat dikenali sebagai suara Bill Gates dan tak hanya itu, sistem AI tersebut juga mampu mencipatakan sejumlah suara tiruan dari tokoh terkenal lainnya. Salah satunya adalah George Takei, Jane Goodall, dan Stephen Hawking.

Para insinyur menempatkan hasil suara tiruan tersebut agar dapat diakses secara publik di website MelNet dengan judul Selected Speakers.

Ilustrasi robot dengan sistem kecerdasan buatan (Shutterstock).
Ilustrasi robot dengan sistem kecerdasan buatan (Shutterstock).

Untuk melatih sistem AI tersebut, para insinyur menggunakan sumber daya berupa set data selama 4532 jam pembicaraan TED.

Meski terlihat luar biasa karena mampu meniru suara orang terkenal, namun MelNet juga berbahaya karena dapat disalahgunakan. Terlebih karena suara yang dihasilkan berasal dari tokoh terkenal, MelNet berpotensi untuk disalahgunakan untuk penipuan atau hal-hal negatif lainnya yang mengatasnamakan orang lain.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS