alexametrics

Gokil! Smartwatch Ini Bisa Berubah Jadi Ponsel dan Tablet

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Gokil! Smartwatch Ini Bisa Berubah Jadi Ponsel dan Tablet
Logo IBM. (Shutterstock)

Sebuah inovasi baru dilakukan oleh IBM.

Suara.com - Sebuah inovasi baru dilakukan oleh IBM. Pasalnya, mereka dikabarkan baru mendapatkan paten untuk smartwatch yang bisa berubah menjadi ponsel dan tablet.

Paten IBM tersebut pertama kali diungkap oleh media Belanda LetsGoDigital, yang juga melengkapinya dengan sejumlah render atau ilustrasi wujud jam tangan pintar bisa bertransformasi bentuk dengan bantuan layarnya yang fleksibel.

Menurut laporan Phone Arena yang dikutip pada Selasa (9/7/2019), paten tersebut memiliki label "Ukuran display variabel untuk layar perangkat elektronik" yang diajukan IBM pada 2016 dan disahkan oleh USPTO (United States Patent and Trademark Office) pada 11 Juni 2019.

Render tersebut mengungkap wujud pertama yang dilihat dari perangkat ini adalah jam tangan pintar dengan bodi yang sedikit lebih tebal ketimbang smartwatch lainnya.

Baca Juga: Sport Smartwatch Fossil Rilis di Indonesia

Rupanya, bodi tebal itu merupakan tujuh lapis layar tambahan yang berada di bawah layar utama. Nantinya, layar-layar inilah yang bisa dikeluarkan satu per satu untuk bertransformasi menjadi wujud lainnya.

Jika tiga lapisan layar tambahan dikeluarkan, akan ada empat layar aktif berdampingan yang secara otomatis mengubah bentuk dari smartwatch menjadi ponsel.

Smartwatch IBM. [Letsgodigital]
Smartwatch IBM. [Letsgodigital]

Selain itu, disebutkan pula bahwa perangkat ini bakal dilengkapi oleh minimal satu buah speaker dan bisa memiliki port tambahan untuk dikoneksikan dengan perangkat lain, seperti keyboard dan mouse.

Seandainya layar ponsel masih dirasa kurang lebar, pengguna juga bisa memperluasnya dengan mengeluarkan empat layar lainnya untuk membentuk sebuah tablet.

Namun, belum diketahui apakah fase transformasi tersebut akan berjalan secara otomatis atau disusun manual oleh tangan penggunanya.

Baca Juga: Tampil Premium, Smartwatch Withings Kenalkan Steel HR Sapphire

Komentar