Warta Tekno Hari Ini: Rentetan Gempa Pantai Selatan - Oppo Kalahkan Samsung

Liberty Jemadu
Warta Tekno Hari Ini: Rentetan Gempa Pantai Selatan - Oppo Kalahkan Samsung
Logo Oppo. [Shutterstock]

Kabar di dunia teknologi hari ini diramaikan oleh laporan BMKG tentang rentetan gempa unik di Busur Subduksi Sunda hingga keberhasilan Oppo mengalahkan Samsung di Indonesia.

Suara.com - Delapan gempa di area Busur Subduksi Sunda, yang membetang dari Sumatera, Pantai Selatan Jawa, hingga ke Sumba, Nusa Tenggara Timur telah membuat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengamati dengan seksama aktivitas seismik di tiga zona di Nusantara.

Sementara di pasar ponsel pintar datang kabar mengejutkan dari perusahaan riset Canalys: Samsung disebut telah berhasil dijungkalkan oleh Oppo di pasar Indonesia.

Apa hasil analisis BMKG terhadap deretan gempa di dua pekan pertama Agustus itu? Lalu bagaimana Oppo mengalahkan Samsung di Tanah Air?

Simak penjelasan lengkapnya dalam lima berita terheboh kanal Teknologi Suara.com hari ini (13/8/2019):

1. Delapan Gempa Signifikan di Busur Subduksi Sunda, BMKG: Menarik Dicermati

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (Antara)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (Antara)

Delapan gempa signifikan yang terjadi di Busur Subduksi Sunda di dua pekan pertama Agustus disebut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai fenomena yang "menarik dicermati" dan memantik pertanyaan akan peluang terjadinya gempa besar.

"Rentetan gempa ini sangat menarik dicermati. Seluruh gempa berpusat di Zona Subduksi," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Senin (12/8/2019).

Baca selengkapnya

2. Oppo Gusur Samsung dari Singgasana Penguasa Ponsel Indonesia

Ilustrasi jajaran smartphone. (Hitekno.com)
Ilustrasi jajaran smartphone. (Hitekno.com)

Pertama kalinya, Oppo berhasil menggusur posisi Samsung dalam daftar penguasa ponsel di Indonesia per Q2 2019. Temuan ini berdasarkan riset yang dilakukan oleh firma analis pasar Canalys.

Melalui keterangan resminya, Selasa (13/8/2019), Oppo mencatatkan telah memiliki market share 26 persen dengan pertumbuhan 54 persen dari periode yang sama di tahun lalu.

Baca selengkapnya

3. Hanyut, Sampah Plastik Asal Indonesia Ditemukan di Pantai Thailand

Sampah plastik. (Twitter/@gentaripta)
Sampah plastik. (Twitter/@gentaripta)

Sampah plastik yang susah terurai kini menjadi masalah yang semakin serius, pasalnya setelah beberapa waktu lalu sampah plastik 19 tahun lalu masih ditemukan dalam keadaan utuh. Kini giliran sampah plastik berasal dari Indonesia ditemukan di Thailand.

Penampakan tersebut diunggah oleh salah satu netizen Indonesia dengan akun @gentaripta di Twitter usai diunggah di insta story netizen bernama Ivana kurniawati.

Baca selengkapnya

4. Sah! Samsung Galaxy A10s Resmi Diperkenalkan Secara Global

Samsung Galaxy A10s. [Samsung]
Samsung Galaxy A10s. [Samsung]

Samsung baru saja memperkenalkan ponsel terbarunya, Galaxy A10s, secara global, Senin (12/8/2019).

Sesuai namanya, ponsel ini merupakan versi lanjutan dari Samsung Galaxy A10 yang meluncur pada Februari tahun ini. Lantas, apa saja fitur baru yang bisa ditemui pada ponsel kelas entry-level ini?

Baca selengkapnya

5. Asteroid Sebesar Piramida Giza Melintasi Bumi Akhir Bulan Ini

Ilustrasi asteroid (Shutterstock).
Ilustrasi asteroid (Shutterstock).

Beberapa pekan terakhir, sejumlah batuan luar angkasa alias asteroid kerap terbang melintasi Bumi. Rupanya, rangkaian 'hujan' asteroid ini masih akan terus berlanjut.

Bahkan, NASA memperkirakan bahwa akhir bulan nanti akan ada asteroid raksasa seluas 160 meter akan melintasi Planet Biru. Saking besarnya, lembaga antariksa milik pemerintah Amerika Serikat itu mengibaratkan asteroid tersebut layaknya Piramida Giza di Mesir.

Baca selengkapnya

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS