Oppo Gusur Samsung dari Singgasana Penguasa Ponsel Indonesia

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Oppo Gusur Samsung dari Singgasana Penguasa Ponsel Indonesia
Ilustrasi jajaran smartphone. (Hitekno.com)

Oppo berhasil menggusur posisi Samsung dalam daftar penguasa ponsel.

Suara.com - Pertama kalinya, Oppo berhasil menggusur posisi Samsung dalam daftar penguasa ponsel di Indonesia per Q2 2019. Temuan ini berdasarkan riset yang dilakukan oleh firma analis pasar Canalys.

Melalui keterangan resminya, Selasa (13/8/2019), Oppo mencatatkan telah memiliki market share 26 persen dengan pertumbuhan 54 persen dari periode yang sama di tahun lalu.

Sementara Samsung yang tahun lalu masih berstatus sebagai raja ponsel di Tanah Air, kini dipaksa turun ke posisi kedua dengan raihan 24 persen atau naik 10 persen ketimbang periode yang sama di tahun sebelumnya.

Nasib kurang baik justru diterima oleh Xiaomi. Meski masih kokoh di urutan ketiga, tetapi pangsa pasarnya di Indonesia kini menjadi 19 persen, turun 9 persen dari Q2 2018.

Pasar smartphone Indonesia Q2 2019. [Canalys]
Pasar smartphone Indonesia Q2 2019. [Canalys]

Di posisi keempat, Vivo menguntit dengan perolehan pangsa pasar 15 persen dengan pertumbuhan yang cukup signifikan, yakni 62 persen.

Tapi yang paling mengejutkan justru berasal dari realme, pendatang baru yang langsung meroket ke urutan kelima penguasa ponsel di Indonesia karena menguasai 7 persen pangsa pasar domestik.

Merek ponsel yang belum genap berusia satu tahun di Indonesia itu sanggup mengusir Advan, satu-satunya merek lokal yang di tahun sebelumnya ada di posisi kelima.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS