alexametrics

Yahoo Groups Mulai Dilumpuhkan, Semua Konten Akan Dihapus

Liberty Jemadu
Yahoo Groups Mulai Dilumpuhkan, Semua Konten Akan Dihapus
Ilustrasi email Yahoo (Shutterstock).

Kalian yang masih memiliki dokumen penting atau berharga di dalam Yahoo Groups, segeralah mengunduh semuanya sebelum tanggal 14 Desember.

Suara.com - Yahoo Groups yang sempat sangat populer di awal tahun 2000an pelan-pelan dimatikan, demikian diumumkan Yahoo pada Rabu (16/10/2019) seperti dilansir dari CNet.

Para pengguna Yahoo Groups tak lagi bisa mengunggah konten mulai 21 Oktober mendatang. Pada 14 Desember semua konten di dalam layanan itu akan dihapus secara permanen.

Jadi untuk kalian yang masih memiliki dokumen penting atau berharga di dalam Yahoo Groups, segeralah mengunduh semuanya sebelum tanggal 14 Desember. Dokumen atau foto bisa diunduh secara langsung melalui situs Yahoo Groups dan juga via Privacy Dashboard.

Yahoo Groups, yang merupakan kombinasi dari mailing list dan forum internet, masih akan bisa diakses meski semua kontennya dihapus permanen. Tetapi semua grup yang bersifat publik akan diubah menjadi privat atau terbatas untuk diakses.

Baca Juga: Yahoo Luncurkan Aplikasi Email Baru buat Android dan iOS

Selain itu, grup masih bisa menerima anggota baru. Tetapi anggota baru hanya bisa diundang oleh admin.

Setelah 21 Oktober, para pengguna Yahoo Groups hanya bisa berbagi informasi via email. Pengguna juga masih bisa mencari grup-grup di dalam layanan tersebut.

Yahoo Groups, yang diluncurkan pada 2001, cuma satu dari beberapa layanan Yahoo yang dimatikan dalam beberapa tahun terakhir. Yahoo pada awal tahun ini mematikan layanan webhosting GeoCities dan pada 2018 lalu menutup Yahoo Messenger. Sementara di 2015 lalu layanan Yahoo Maps juga sudah dihentikan.

Komentar