Yahoo Akhirnya Daftar Sebagai PSE Lingkup Privat

Liberty Jemadu
Yahoo Akhirnya Daftar Sebagai PSE Lingkup Privat
Yahoo sudah terdaftar sebagai PSE Lingkup Privat per 16 Agustus 2022. Ilustrasi Yahoo! [Shutterstock]

Yahoo adalah layanan terakhir yang mendaftar sebagai PSE Lingkup Privat dari 7 platform besar yang diblokir Kominfo di penghujung Juli 2022.

Suara.com - Yahoo, yang sempat diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pada akhir Juli kemarin akhirnya mendaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik atau PSE Lingkup Privat.

Seperti yang dipantau Suara.com di laman PSE Kominfo, Selasa (16/8/2022) ada empat PSE dengan nama Yahoo yang sudah terdaftar.

Keempatnya menggunakan nama Yahoo Indonesia, tetapi punya alamat website berbeda. Pertama menggunakan web id.mail.yahoo.com; lalu id.search.yahoo.com; kemudian id.berita.yahoo.com; dan terakhir id.yahoo.com.

PSE-PSE itu didaftarkan oleh satu perusahaan, yakni Yahoo! Singapore Digital Marketing PTE. LTD. Keempatnya terdaftar sebagai PSE Lingkup Privat pada 16 Agustus 2022 atau hari ini.

Baca Juga: Hore! Epic Games Terdaftar PSE, Tak Lagi Diblokir Kominfo

Sebelumnya Yahoo adalah satu dari tujuh perusahaan digital besar yang diblokir dan disorot Kominfo pada 30 Juli 2022 kemarin karena belum mendaftar sebagai PSE Lingkup Privat. Selain Yahoo ada PayPal, Epic Games, Steam, Dota, CS Go, dan Origin.

Enam perusahaan lainnya sudah mendaftar sebagai PSE sejak beberapa pekan lalu dan blokirnya telah dicabut oleh Kominfo.

PayPal dan Origin misalnya mendaftar sebagai PSE Lingkup Privat pada 3 Agustus. Sementara Steam, Dota 2 dan CS Go mendaftar pada 11 Agustus kemarin. Epic Games terdaftar sebagai PSE Lingkup Privat pada 9 Agustus 2022.

Meski demikian Kominfo sejak awal Agustus telah memberikan kompensasi dengan membuka blokir tujuh layanan ini setelah mendengar kritik dan desakkan masyarakat yang bergantung pada PSE-PSE ini.

Baca Juga: Fakta-fakta Kominfo Mau Bangun Search Engine Gatotkaca Ala Google

Komentar