Demi Ponsel 5G Murah Samsung Akan Gunakan Prosesor Mediatek

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Demi Ponsel 5G Murah Samsung Akan Gunakan Prosesor Mediatek
Ilustrasi MediaTek. [Shutterstock]

Kemungkinan ponsel-ponsel 5G Samsung dengan chipset MediaTek akan diperkenalkan pada tahun 2020.

Suara.com - Samsung dikabarkan akan menggunakan prosesor buatan Mediatek, produsen semikonduktor asal Taiwan, untuk memproduksi ponsel 5G dengan harga lebih murah.

Seperti dilansir GSM Arena dari China Times, Samsung sedang melakukan pembicaraan dengan Mediatek, membahas kemungkinan suplai prosesor 5G untuk ponsel seri M serta A yang menyasar pasar ponsel murah.

Seandainya negosiasi tersebut berjalan mulus, kemungkinan ponsel-ponsel 5G Samsung dengan chipset MediaTek akan diperkenalkan pada tahun 2020.

Samsung memang biasanya menggunakan prosesor buatan sendiri, yakni Exynos, untuk gawai-gawai kelas menengah ke bawah. Produsen ponsel asal Korsel itu juga menggunakan prosesor Snapdragon dari Qualcomm untuk gawai-gawai kelas atasnya.

Sejauh ini Samsung baru memiliki satu prosesor 5G, yakni Exynos 990. Chipset itu digunakan untuk memacu ponsel kelas atasnya.

Belum lama ini, MediaTek memperkenalkan jajaran prosesor Dimensity 1000 yang mendukung teknologi 5G. MT6885 dan MT6873, dua prosesor 5G Mediatek anyar itu kabarnya bakal digunakan oleh Oppo, Vivo, Xiaomi, dan Huawei.

Mediatek sendiri berambisi untuk menjadi produsen pertama yang meluncurkan prosesor 5G untuk segmen ponsel kelas bawah, sebelum Qualcomm memperkenalkan generasi terbaru Snapdragon seri 6.

Prosesor 5G pertama Mediatek diperkirakan meluncur awal 2020 dan akan bertarung dengan Snapdragon 765G, chipset yang menjadi jantung dapur pacu ponsel kelas menengah seperti Redmi K30 5G, Oppo Reno3 Pro, dan Realme X50.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS