Para Ahli Abadikan Flicette, Kucing Pertama di Luar Angkasa

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Para Ahli Abadikan Flicette, Kucing Pertama di Luar Angkasa
Patung Félicette. [Facebook]

Patung perunggu setinggi 1,5 meter ini menampilkan Flicette yang bertengger di atas Bumi dan tengah mendongak seolah menatap bintang-bintang.

Suara.com - Para ahli membuat sebuah memorial baru untuk kucing pertama dan satu-satunya yang pernah pergi ke luar angkasa.

Patung perunggu berbentuk kucing itu saat ini disimpan di International Space University (ISU) di Strasbourg, Perancis.

Memorial itu berawal dari kampanye Kickstrater yang dilakukan dua tahun lalu oleh Matthew Serge Guy, seorang direktur kreatif dan penggemar kucing luar angkasa di London. Kampanye itu mengumpulkan 57 ribu dolar AS atau sekitar Rp 778 juta untuk mendanai proyek.

Patung itu ditujukan untuk seekor kucing Perancis bernama Félicette yang diluncurkan di dalam pesawat luar angkasa suborbital singkat pada tahun 1963.

Meskipun kucing ini bertahan dari misi dalam 15 menit, namun Félicette tidak dapat bertahan dan meninggal sekitar dua bulan kemudian, ketika para ilmuwan mengeluarkan elektroda dari otaknya untuk menyelidiki bagaimana penerbangan pesawat ruang angkasa mempengaruhi otak kucing.

"Selama 54 tahun terakhir, kisah kucing pertama dan satu-satunya yang pergi ke luar angkasa sebagain besar telah dilupakan. Dia layak mendapatkan memorial yang tepat. Meskipun hewan lain di luar angkasa seperti Laika si anjing dan Ham si simpanse terkenal dalam budaya populer dan memiliki peringatan abadi, sangat sedikit orang yang sadar dengan kisah Félicette," ucap Guy, seperti dikutip dari Space.com.

Patung Félicette. [Facebook]
Patung Félicette. [Facebook]

Patung Félicette terletak di dalam Pioneer's Hall di ISU. Patung perunggu setinggi 1,5 meter ini menampilkan Félicette yang bertengger di atas Bumi dan tengah mendongak seolah menatap bintang-bintang. Patung itu berbagi ruangan dengan patung Yuri Gagarin, manusia pertama di luar angkasa.

Peresmian besar patung Félicette berlangsung selama perayaan ulang tahun ke-25 program Master of Space Studies ISU pada 18 Desember 2019. Tiga astronot Badan Antariksa Eropa dan lulusan ISU berpartisipasi dalam pembukaan acara.

Acara itu diselenggarakan secara terbatas, Guy berencana mengadakan acara pembukaan patung Félicette kembali untuk merayakan peringatan 57 tahun misi Félicette pada Oktober mendatang. Nantinya, akan digelar secara terbuka untuk para pendukung kampanye Kickstarter dan tamu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS