BMKG Beri Peringatan Dini Hujan Kilat dan Angin Kencang Berdurasi Singkat

Dythia Novianty
BMKG Beri Peringatan Dini Hujan Kilat dan Angin Kencang Berdurasi Singkat
Ilustrasi hujan disertai petir. [Shutterstock]

BMKG menyampaikan peringatan dini, waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Suara.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini, waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di sebagian DKI Jakarta.

"Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat pada pagi hari dan wilayah Kepulauan Seribu pada dini hari," demikian peringatan dini yang dirilis BMKG melalui www.bmkg.go.id yang dikutip Antara, Minggu pagi (2/2/2020).

Sementara pada siang hari, situasi cuaca di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat diperkirakan berawan. Sedangkan, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur hujan ringan, dan Jakarta Barat berstatus hujan sedang.

Prakiraan suhu udara di DKI Jakarta berkisar 25 hingga 32 derajat celsius serta kelembapan 75 hingga 100 persen.

Suhu udara di kawasan itu diprakirakan berkisar antara 23 hingga 33 derajat celsius. Sedangkan kelembapan udaranya berkisar 65 hingga 95 persen.

Ilustrasi hujan disertai angin kencang. [Shutterstock]
Ilustrasi hujan disertai angin kencang. [Shutterstock]

Sebelumnya, Komisi V DPR RI meminta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meningkatkan sistem peringatan dini untuk mengurangi risiko di masyarakat terhadap cuaca ekstrem.

"Peringatan dini sebagai kunci dalam pengurangan risiko cuaca ekstrem," ujar Ketua Komisi V DPR Lasarus dalam rapat evaluasi penanganan sarana dan prasarana transportasi perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, di Jakarta, Selasa (28/1).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS