Masuk Februari 2020, Ini Peristiwa Langit yang Bisa Diamati

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Masuk Februari 2020, Ini Peristiwa Langit yang Bisa Diamati
Ilustrasi fenomena langit. [Shutterstock]

Setiap bulan akan selalu ada peristiwa langit yang terjadi, entah dapat terlihat dengan jelas atau tidak.

Suara.com - Setiap bulan akan selalu ada peristiwa langit yang terjadi, entah dapat terlihat dengan jelas atau tidak. Pada Januari 2020, pengamat bisa melihat beragam peristiwa seperti aneka konjungsi Bulan dengan planet, perihelion Bumi, hingga Gerhana Bulan Penumbra.

Februari 2020 pun tidak kalah dengan peristiwa langit menarik lainnya. Dilansir dari In The Sky, berikut ini lima peristiwa langit yang bisa diamati pada Februari 2020:

1. Waktu terbaik mengamati Merkurius

Pada 10 Februari mendatang, pengamat berkesempatan mengamati planet Merkurius. Namun, karena letaknya yang cukup jauh dari Bumi, planet itu akan muncul seperti bintang redup di langit.

Waktu terbaik mengamati Merkurius. [In the Sky]
Waktu terbaik mengamati Merkurius. [In the Sky]

Merkurius akan berada di ketinggian sekitar 16 derajat dari cakrawala barat saat Matahari terbenam. Itu merupakan sudut elongasi terjauh yang bisa dicapai Merkurius. Pengamat dapat melihatnya mulai pukul 18.30 WIB.

2. Konjungsi Bulan dengan Mars

Bulan akan berkonjungsi dengan Planet Merah pada 19 Februari mendatang dengan usia Bulan berusia 25 hari.

Nantinya, keduanya akan terpisah sejauh 4 derajat dan dapat diamati mulai pukul 01.55 WIB dengan ketinggian 50 derajat di atas cakrawala tenggara sebelum menghilang dari pandangan saat fajar menyingsing sekitar pukul 05.46 WIB.

Konjungsi Bulan dengan Mars di Februari 2020. [In the Sky]
Konjungsi Bulan dengan Mars di Februari 2020. [In the Sky]

Pengamat dapat melihat Mars dengan mata telanjang namun jika ingin melihat detail planet tersebut, pengamat membutuhkan bantuan teleskop dengan magnifikasi minimal 225 kali.

3. Konjungsi Bulan dengan Jupiter

Konjungsi Bulan dengan Jupiter Februari 2020. [In the Sky]
Konjungsi Bulan dengan Jupiter Februari 2020. [In the Sky]

Setelah dengan Mars, Bulan akan berkonjungsi dengan Jupiter pada 20 Februari 2020 di mana keduanya terpisah sejauh 2 derajat.

Kedua benda langit ini akan dapat mulai diamati pada pukul 02.58 WIB dengan ketinggian 37 derajat di atas cakrawala tenggara sebelum Matahari terbit pada pukul 05.43 WIB.

4. Konjungsi Bulan dengan Venus

Februari menjadi ajang Bulan untuk berkonjungsi dengan beberapa planet. Setelah jupiter, satelit alami Bumi ini akan berdekatan dengan Venus pada 27 Februari mendatang.

Konjungsi Bulan dengan Venus Februari 2020.  [In the Sky]
Konjungsi Bulan dengan Venus Februari 2020. [In the Sky]

Keduanya akan terpisah sejauh 6 derajat dan Bulan akan berbentuk sabit dengan usia 4 hari. Kedua benda langit ini dapat diamati mulai pukul 18:26 WIB dengan ketinggian 33 derajat di atas cakrawala barat lalu menghilang pada 20:46 WIB. Konjungsi Bulan dan Venus akan berada di konstelasi Pisces.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS