Bercanda soal Kamera Ponsel Baru, Bos Xiaomi Didenda Ratusan Juta

Liberty Jemadu
Bercanda soal Kamera Ponsel Baru, Bos Xiaomi Didenda Ratusan Juta
Xiaomi Mi 10 Lite dilengkap dengan 4 kamera. [Dok Xiaomi]

Xiaomi terpaksa ikut meminta maaf dan berjanji akan memperkuat pelatihan kepada karyawannya.

Suara.com - Salah satu bos Xiaomi, produsen alat elektronik asal Tiongkok, diwajibkan membayar denda ratusan juta rupiah setelah melemparkan candaan berbau seksis di media sosial terkait ponsel baru perusahaannya.

Wakil Presiden Xiaomi Chang Cheng pada Jumat (23/4/2020) mengunggah tulisan berisi daftar lelucon tentang cara menggunakan Xiaomi Mi 10 Youth, ponsel dengan kamera berfitur 5 kali zoom, di media sosial Weibo.

"Di balik kamar perempuan cantik di asrama wanit, ada ruang untuk ....," tulis Cheng soal lelucon yang dinilai sebagai ajakan untuk menguntit dan memotret perempuan secara diam-diam.

Alhasil, unggahan Cheng itu memanti kritik serta komentar negatif dari para pengguna Weibo, media sosial mirip Twitter di China. Cheng dinilai tidak menghormati perempuan.

"Tolong jangan membuat perempuan merasa jijik melihat lelaki menggunakan ponsel Xiaomi," tulis seorang pengguna Weibo, mengomentari candaan Cheng itu.

Cheng belakangan menghapus unggahannya dan meminta maaf. Ia juga mengumumkan telah menyumbang sebesar 14.000 dolar AS atau sekitar Rp 217.448.000 ke Adream, sebuah yayasan pendikan di China.

"Saya sungguh salah dan menerima semua kritik," tulis Cheng.

Pada Minggu (26/4/2020) giliran Xiaomi yang meminta maaf secara resmi. Perusahaan itu berjanji akan memperkuat pelatihan ke karyawannya untuk mencegah peristiwa serupa terjadi lagi. [Abacus]

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS