Teleskop Pemburu Alien China Mulai Beroperasi September

Liberty Jemadu
Teleskop Pemburu Alien China Mulai Beroperasi September
Teleskop radio terbesar milik China yang disebut FAST dan juga diberi nama lain sebagai 'Mata Elang' resmi beroperasi. (Foto: AFP)

Kepala ilmuwan FAST, Zhang Tongjie mengatakan bahwa teleskop itu telah memiliki beberapa sinyal radio menarik yang diduga berasal dari alien untuk diteliti.

Suara.com - Pemerintah China akan mulai mengoperasikan teleskop raksasa pemburu alien mulai September mendatang, demikian diwartakan Engadget, Senin (1/6/2020).

Mengutip laporan media pemerintah China, disebutkan bahwa perangkat bernama Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope (FAST) akan mulai mencari sinyal-sinyal alien pada September.

Teleskop yang diameternya mencapai 500 meter atau setengah kilometer itu mulai beroperasi sejak Januari, tetapi karena teknologinya masih harus diperbarui, maka saat ini teleskop tersebut belum berfungsi optimal.

Kepala ilmuwan FAST, Zhang Tongjie mengatakan bahwa teleskop itu telah memiliki beberapa sinyal radio menarik yang diduga berasal dari alien untuk diteliti. Meski demikian ia menegaskan bahwa ini bukan berarti bahwa sinyal-sinyal tersebut dipastikan dari alien.

Biasanya sinyal radio unik berasal dari pulsar - bintang yang kehabisan bahan bakar dan perlahan hancur - atau semburan sinyal acak yang terdeteksi di Bumi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS