Bahaya, Jangan Kenakan Masker pada Hewan Peliharaan

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Bahaya, Jangan Kenakan Masker pada Hewan Peliharaan
Ilustrasi anjing pakai masker. [Shutterstock]

Dokter hewan mendesak pemilik hewan peliharaan untuk tidak memasangkan masker pada kucing dan anjing mereka.

Suara.com - Dokter hewan mendesak pemilik hewan peliharaan untuk tidak memasangkan masker pada kucing dan anjing mereka karena hal ini dapat membunuh hewan kesayangannya.

Desakan ini muncul setelah sejumlah pemilik hewan peliharaan memasang masker pada peliharaannya, dengan tujuan agar terhindar dari Covid-19.

Dr Melissa Meehan, dokter hewan yang membuka praktik di Melbourne, Australia, mengatakan bahwa masker itu dapat menyebabkan stres bagi kucing dan anjing. Dalam skenario terburuk, ini bisa mengakibatkan kematian.

“Sebagai dokter hewan, saya terus-menerus merawat anjing dan kucing yang menderita stres dan kecemasan, yang berdampak pada kesehatan mental mereka," ujarnya.

"Ini (pemasangan masker) juga menyebabkan masalah perilaku," terang Dr Meehan sebagaimana dikutip dari Mirror, Selasa (28/7/2020).

Selain itu, ia menambahkan bahwa masker juga dapat mengganggu pernapasan hewan peliharaan, terutama bagi ras brachycephalic yang sudah mengalami kesulitan bernapas.

"Mengenakan masker pada anjing atau kucing benar-benar dapat menyebabkan kesulitan dan paling fatal, kematian," lanjut Dr Meehan.

Kucing pakai masker. [Shutterstock]
Kucing pakai masker. [Shutterstock]

Pernyataan Dr Meehan ini disampaikan tak lama setelah politisi Australia membagikan foto anjing golden retriever peliharaannya yang bernama Ted, yang dipasangi masker.

Pakar perilaku hewan Lara Shannon mengatakan, hal yang dilakukan oleh sang politisi bisa diikuti oleh masyarakat awam yang memiliki hewan peliharaan.

"Saya mengerti pentingnya pemerintah menyampaikan pesan untuk menggunakan masker ke masyarakat dan bagaimana melakukannya dengan benar, namun, tidak dengan mengorbankan hewan peliharaan," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS