Ditemukan Minggu, Asteroid Ini Nyaris Tabrak Bumi pada Selasa Kemarin

Liberty Jemadu
Ditemukan Minggu, Asteroid Ini Nyaris Tabrak Bumi pada Selasa Kemarin
Ilustrasi sebuah asteroid sedang melintas dekat Bumi. [Shutterstock]

Saking dekatnya, asteroid 2020 OY4 melesat di antara satelit-satelit Bumi.

Suara.com - Para ilmuwan dikejutkan oleh sebuah asteroid bernama 2020 OY4 yang baru saja ditemukan pada Minggu (26/7/2020) dan pada Selasa sudah nyaris menabrak Bumi dengan melesat di antara satelit di area geostasioner.

Orbit geostasioner adalah tempat satelit-satelit buatan manusia melayang mengitari Bumi. Saat ini ada lebih dari 2.600 satelit yang mengitari Bumi di area tersebut.

Nah asteroid 2020 OY4 melesat di antara satelit tersebut pada Selasa dan uniknya - atau untungnya - tidak menabrak satu satelit pun di sana.

Menurut badan antariksa Eropa (ESA), asteroid 2020 OYO berukuran sekitar 3 meter dan pada titik terdekatnya hanya berjarak 35.000 km dari Bumi. Dengan ukurannya yang kecil asteroid itu tidak berbahaya bagi Bumi, tetapi tetap saja bisa merugikan jika menghancurkan beberapa satelit di orbit.

Asteroid itu sendiri tertangkap mata Virtual Telescope Project, sebuah program dari ESA yang bertujuan mendeteksi asteroid-asteroid berukuran kecil di sekitar Bumi.

Meski sempat sangat dekat dengan Bumi, 2020 OY4 belum sedekat asteroid 2020 JJ yang menghampiri Bumi pada Mei kemarin. Asteroid 2020 JJ adalah asteroid yang pernah paling dekat dengan Bumi dalam catatan sejarah. Pada titik terdekatnya ia hanya berjarak sekitar 7000 km dari Bumi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS