alexametrics

8 Aplikasi Perekam Layar PC dengan Fitur Menarik

Rifan Aditya
8 Aplikasi Perekam Layar PC dengan Fitur Menarik
CamStudio, aplikasi perekam layar PC (camstudio.org)

Ini 8 aplikasi perekam layar PC dengan fitur menarik.

Suara.com - Aplikasi Perekam Layar PC atau Screen Recorder banyak bertebaran dengan beragam fitur yang ditawarkan. Namun untuk kamu yang mencari dengan fitur Picture in Picture, ada HitPaw Screen Recorder.

Fitur Picture in Picture memungkinkan untuk menampilkan gambar di dalam gambar lainnya. Tergantung bagaimana pemakaiannya, bisa digunakanan untuk membuat tampilan lebih menarik lagi.

Untuk kamu yang menacari aplikasi perekam layar PC, ada banyak yang telah tersedia. Namun di antaranya, ada delapan software yang terpercaya untuk bisa kamu gunakan.

Dalam ulasan kali ini, terdapat 8 aplikasi perekam layar PC yang menawarkan berbagai fitur menarik bagi para penggunanya.

Baca Juga: Cara Cek Keaslian Sertifikat Tanah Secara Online, Mudah!

Berikut ini aplikasi perekam layar PC selengkapnya:

1. HitPaw Screen Recorder

Perekam layar HitPaw menawarkan berbagai fitur yang menarik, salah satunya adalah fungsi gambar yang memungkinkan anda untuk merekam sendiri dan layar Anda pada saat yang sama. Pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk merekam video, permainan, dan lain-lain.

Seperti apa para pengguna pada umumnya bahwa Anda dapat mengubah ukuran PIP, posisi PIP, dan mengganti gambar yang berbeda dalam bentuk gambar seperti Webcam+ layar, layar + Webcam, Webcam saja, dan layar hanya, ketika Anda merekam wajah dan layar Anda secara bersamaan.

Kecuali untuk fitur gambar-gambarnya, ada juga berbagai fitur yang mudah, seperti Keyboard dan tikus, penyuntingan cepat, mendukung percepatan perangkat keras, pemantauan Real-Time, zoom, dan banyak lainnya.

Baca Juga: Cara Dapat Kuota Internet Gratis Bagi Pelajar

Menariknya, kamu bisa mendapatkan diskon 30% dengan menggunakan kode kupon YT-30OFF

Untuk info lebih lanjut HitPaw Screen Recorder bisa didapatkan di sini

Aplikasi Perekam Layar PC - HitPaw Screen Recorder. (HitPaw)
Aplikasi Perekam Layar PC - HitPaw Screen Recorder. (HitPaw)

2. CamStudio

CamStudio merupakan salah satu aplikasi perekam layar PC yang paling populer. Aplikasi yang bersifat open source ini mampu merekam semua bagian layar dan aktivitas audio di laptop Anda. Hasil file video rekaman dari aplikasi ini adalah AVI dan SWF.

Selain itu, CamStudio memiliki fitur-fitur menarik, seperti fitur menambah caption dan fitur mengganti format video.

Anda dapat mengunduh CamStudio di sini

3. Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software (OBS Studio) digadang-gadang merupakan salah satu software perekam layar PC terbaik. Software ini bersifat open source dan multi platform sehingga dapat digunakan pada Windows, OSX, dan Linux.

Format video yang dihasilkan perekam layar PC ini adalah MP4 dan FLV. Dengan software ini, Anda juga bisa berbagai video rekaman secara langsung (live streaming).

Anda dapat mengunduh Open Broadcaster di sini

4. Bandicam Screen Recorder

Aplikasi perekam Bandicam hanya dapat digunakan pada perangkat Windows saja. Kelebihan Bandicam dari aplikasi perekam lainnya adalah kualitas rekaman video yang dihasilkan.

Bandicam mampu menghasilkan video berkualitas tinggi hingga 4K UltraHD. Format file video hasil rekaman Bandicam ini adalah AVI atau MP4.

Anda dapat mengunduhnya di sini

5. Icecream Screen Recorder

Icecream Screen Recorder dapat digunakan untuk merekam seluruh layar PC maupun hanya bagian tertentu yang Anda inginkan. Aplikasi gratis perekam layar PC ini dapat digunakan pada perangkat Windows, Mac, dan Android.

Selain itu, aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat mudah digunakan bagi para pemula yang masih asing dengan cara kerja aplikasi perekam video.

Anda dapat mengunduhnya di sini

6. Action!

Action! dapat digunakan untuk melakukan streaming secara real time dengan hasil rekaman yang memiliki resolusi HD hingga 1080p. Software ini akan cocok digunakan untuk proses perekaman game dan tutorial karena memiliki fitur mengambil gambar secara cepat. Format video yang dihasilkan adalah MP4 dan AVI.

Anda dapat mengunduh Action! di sini

7. Share X

Aplikasi open source ini merupakan salah satu perekam layar PC yang ringan. Selain itu, para penggunanya juga tidak akan direpotkan dengan iklan dan watermark. Software ini dapat merekam sebagian maupun seluruh bagian layar PC Anda.

Fitur lainnya yang ada di software ini adalah penambahan efek gambar atau watermark ke dalam rekaman. Sayangnya, aplikasi Share X hanya tersedia untuk perangkat tertentu saja, seperti Windows 7, 8.1, dan 10.

Jika Anda tertarik, Share X dapat diunduh di sini

8. TinyTake

TinyTake merupakan aplikasi perekam gambar yang mudah digunakan bagi para pemula yang belum mahir menggunakan aplikasi perekam layar PC. Selain itu, aplikasi ini juga gratis sehingga dapat digunakan siapa saja.

Walaupun mudah digunakan dan gratis, TinyTake memiliki banyak fitur menarik yang tak kalah dengan aplikasi sejenis lainnya. Aplikasi ini menyediakan beragam fitur, seperti fitur tambahan text box, garis, atau panah. File rekaman pada aplikasi ini dapat langsung disimpan ke aplikasi penyimpanan online seperti Cloud dan Youtube.

Anda dapat mengunduh TinyTake di sini

Itu dia delapan aplikasi perekam layar PC dengan fitur menarik. Semoga bermanfaat! (Suara.com/ Theresia Simbolon).

Kontributor : Theresia Simbolon

Komentar