alexametrics

Universitas di Indonesia Ini Gelar Parade Wisuda Lewat Roblox

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Universitas di Indonesia Ini Gelar Parade Wisuda Lewat Roblox
Ilustrasi wisuda online. [Mohammad Shahhosseini/Unsplash]

Warganet dibuat heboh kembali karena Institut Teknologi Bandung mengadakan Parade Wisuda Oktober menggunakan Roblox.

Suara.com - Pada awal Agustus, dunia maya dihebohkan dengan kreativitas Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dalam menggelar acara wisuda menggunakan permainan Minecraft.

Belakangan ini, warganet dibuat heboh kembali karena Institut Teknologi Bandung mengadakan Parade Wisuda Oktober menggunakan Roblox.

Roblox sendiri merupakan platform permainan daring dan sistem pembuatan permainan yang memungkinkan pengguna memprogram permainan dan memainkan permainan dibuat oleh pengguna lain.

Sementara Parade Wisuda Oktober merupakan tradisi rutin mahasiswa ITB berupa arak-arakan wisudawan, beserta himpunannya masing-masing di seputar kampus ITB. Perhelatan akbar arak-arakan mahasiswa ITB ini dilakukan untuk menghormati kakak tingkatnya karena telah berhasil melewati proses belajar di perguruan tinggi.

Baca Juga: Viral, Ibu Wisudawan Unikom Bandung Curhat Mahalnya Biaya Wisuda Online

Namun, acara yang telah dilakukan setiap tahun ini harus diselenggarakan dengan cara yang berbeda di tahun 2020 karena adanya pandemi virus Corona (Covid-19).

Dibagikan oleh akun Twitter @ganeca__ pada 19 Oktober, pemilik akun mengunggah video TikTok berdurasi 44 detik dari akun @bertustustus. Dalam video tersebut, pemilik akun TikTok itu memperlihatkan suasana arak-arakan yang dilakukan secara daring melalui Roblox.

"Lagi pandemi kayak gini nggak bisa ngadain arak-arakan sama parade wisuda? Kata siapa? Halo temen-temen, aku seneng banget karena akhirnya anak-anak ITB berhasil bikin itu semua jadi kenyataan dan pake aplikasi Roblox ini. Suer, ini tuh virtual tapi terasa real banget kayak kita lagi ngerayain arak-arakan. Makasih banget loh buat semua panitia yang udah bikin ini jadi kenyataan," ucap suara seorang lelaki dalam video tersebut.

Terlihat berbagai karakter lelaki dan perempuan yang mengenakan pakaian wisuda serta kebaya. Tak hanya itu, setiap karakter pun memiliki keterangan nama di bagian atas kepalanya sehingga pemain bisa mengetahui siapa karakter tersebut.

Para wisudawan pun terlihat ada yang memegang bunga hingga balon. Setiap wisudawan pun lengkap memakai topi toga.

Baca Juga: Video Viral Wisudawan Unitomo Diminta Rektor Ngedance Ala Blackpink

"Sumpah yang bikin ini jago banget gila, keren banget, nggak ngerti lagi. Pokoknya kalian bikinnya bagus banget, real banget, kayak rame banget arak-arakannya. Seandainya acara wisuda resmi kampusnya bisa sebagus ini juga. Semangat temen-temen buat yang wisuda online meski toga dan ijazahnya telat," tambahnya.

Komentar