facebook

Dibekali Chip M1, Apple Klaim MacBook Pro Lebih Ngebut dan Baterai Awet

Dinar Surya Oktarini
Dibekali Chip M1, Apple Klaim MacBook Pro Lebih Ngebut dan Baterai Awet
Chip M1 besutan Apple. (Apple.com)

Apple Juga menjamin penggunaan baterai bisa lebih lama 10 jam dibandingkan sebelumnya.

Suara.com - Apple umumkan MacBook Pro pertamanya yang akan berjalanan dengan prosesor rancanan Apple di gelaran ''One More Thing'' yang memberikan era baru untuk komputer Mac. .

Secara khusus Apple membuat MacBook Pro berbasis Arm, produk yang telah ditekankan sebagai bagian inti dari jajarannya untuk profesional kreatif dan teknis.

MacBook Pro terbaru berukuran 13 inci berbasis Arm ini hadir dan mulai menggantikkan model MacBook Pro level awal sebelumnya.

Dilansir dari laman The Verge, MacBook Pro baru akan hadir dengan prosesor M1 baru Apple yang menurut perusahaan memiliki fitur ''inti CPU tercepat di dunia'', grafis terintegrasi tercepat dan peningkatan daya serta kinerja yang besar dibandingkan dengan chip Intel yang digunakan sebelumnya.

Baca Juga: Salfok, Warganet Ramai Coba Animasi Like Twitter Terbaru dalam #AppleEvent

Apple mengatakan bahwa kinerja pada MacBook Pro 13 inci baru 2,8 kali lebih cepat, dengan grafik yang hingga lima kali lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Tidak seperti MacBook Air baru, ia masih memiliki sistem kipas pendingin aktif. Masih ada Touch Bar, beserta dua port Thunderbolt 4 (terletak di sisi kiri laptop).

Chip M1 besutan Apple. (Apple.com)
Chip M1 besutan Apple. (Apple.com)

Selain itu, Apple mengklaim masa pakai baterai juga meningkat pesat hingga 17 jam untuk penjelajahan web dan 20 jam untuk pemutaran video. Hal ini merupakan 10 jam lebih lama dari sebelumnya dan masa batera terlama yang pernah ditawarkan di Mac.

Apple telah mempersiapkan ini sejak pertama kali mengumumkan bahwa mereka akan beralih ke chipnya sendiri, dengan perusahaan sudah memamerkan aplikasi seperti Microsoft Office dan Adobe Photoshop dan Lightroom yang berjalan pada chip Apple pada bulan Juni.

Perusahaan juga telah merancang prosesornya sendiri selama hampir satu dekade, kembali ke chipset A4 dari iPad asli dan iPhone 4. Dan sementara chip seri A Apple hanya tumbuh lebih kuat.

Baca Juga: Joe Biden Gaet Mantan Bos Google hingga Apple, tapi Tidak Marc Zuckerberg

Apple sendiri cukup percaya diri dengan chip buatannya sendiri yang berbasis Arm untuk ditawarkan pekerjaan profesional.

MacBook Pro baru bukan satu-satunya Mac baru yang menggunakan silikon Apple. Perusahaan juga mengumumkan MacBook Air 13 inci baru dan Mac mini baru, keduanya berjalan pada chip M1.

Perangkat MacBook Pro 13 inci terbaru ini akan dibanderol mulai dari harga 1.299 dolar atau sekitar Rp 18 juta.

Komentar