alexametrics

Oppo X 2021, Ponsel Layar Gulung yang Bisa Jadi Tablet?

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Oppo X 2021, Ponsel Layar Gulung yang Bisa Jadi Tablet?
Ilustrasi Oppo. [Shutterstock]

Oppo mengumumkan konsep penggunaan layar gulung.

Suara.com - Oppo mengumumkan konsep penggunaan layar gulung lewat ponsel Oppo X 2021. Pengguna bisa mendapatkan tampilan format versi smartphone dan tablet dalam satu perangkat.

"Oppo X 2021 ini menggunakan teknologi layar gulung yang kita sebut sebagai teknologi modern. Dengan menggunakan roll motor, gulungan itu tidak akan merusak layar smartphone," jelas PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, dalam acara virtual OPPO INNO DAY 2020, Selasa (17/11/2020).

Oppo X 2021 dikembangkan dengan inovasi layar berjenis continously variable OLED Display yang dapat memiliki dua ukuran. Ukuran terkecil ini sebesar 6,7 inci yang mudah digenggam dengan satu tangan.

Sedangkan ukuran terbesarnya sebesar 7,4 inci. Dengan luas layar ini, Aryo mengklaim bahwa ini bisa menghadirkan pengalaman layar tablet yang bisa memuat banyak konten dalam satu tampilan.

Baca Juga: Cara Rawat Baterai Ponsel Agar Tetap Awet

Oppo X 2021. [Oppo Indonesia]
Oppo X 2021. [Oppo Indonesia]

"Selain itu, dimensi layar seperti ini sangat memanjakan konsumen untuk menyajikan konten multimedia hingga bermain online game. Keberadaan layar gulung akan memberikan opsi kepada pengguna untuk menyesuaikan ukuran layar berdasarkan kebutuhan," tambah Aryo.

Konsep Oppo X 2021 ini juga membawa tiga penemuan teknologi yang menjadi hak milik Oppo, yakni Powertrain Roll Motor, 2-in-1 Plate, dan laminasi layar berkekuatan tinggi Warp Track.

Dalam proses pengembangan Oppo X 2021, Aryo mengaku bahwa mereka telah mengumpulkan berbagai pengalaman, termasuk hak paten. Khusus untuk OPPO X 2021, pihaknya telah mengajukan 122 paten, di mana 12 di antaranya terkait dengan mekanisme layar gulung.

Oppo X 2021 merupakan bentuk eksplorasi Oppo untuk mengejar bentuk baru sebuah smartphone masa depan. Eksplorasi ini telah dilakukan pabrikan sejak 2013 kala merilis Oppo N1, perangkat pertama di dunia dengan kamera berputar 206 derajat.

Meski begitu, Aryo menerangkan bahwa konsep layar gulung ini masih dalam tahap pengembangan. Ia berharap konsep ini akan segera diumumkan ketika sudah sempurna.

"Layar gulung masih dalam tahap pengembangan. Konsep harga kami belum tahu, spek yang digunakan juga belum tahu, jadwal peluncuran juga masih belum tahu kapan waktunya," tutup Aryo.

Baca Juga: Jurus Jitu Hemat Kuota Internet saat Pandemi

Komentar