alexametrics

Waduh! Sebanyak 533 Juta Data Pengguna Facebook Bocor

Dinar Surya Oktarini
Waduh! Sebanyak 533 Juta Data Pengguna Facebook Bocor
Ilustrasi Facebook (Unsplash)

Data pribadi yang bocor termasuk nomor telepon, ID Facebook, nama lengkap, lokasi dan tanggal lahir.

Suara.com - Peneliti keamanan Alon Gale, 533 juta data pribadi pengguna Facebook bocor secara online dan disebarluaskan gratis.

Laporan dari Insider ''Data yang bocor terungkap mencakup informasi pribadi lebih dari 533 juta pengguna Facebook dari 106 negara, termasuk lebih dari 32 juta catatan pengguna di Amerika Serikat, 11 juta pengguna di Inggris, dan 6 juta pengguna di India''.

Dilansir dari laman The Verge, tak hanya itu, data yang bocor termasuk nomor telepon, ID Facebook, nama lengkap, lokasi, tanggal lahir, bios, dan - dalam beberapa kasus - alamat email.

Data 533 juta tersebut merupakan kumpulan data yang sama yang dapat dibayar orang unuk sebagian menggunakan bot Telegram yang dilaporkan Motherboard pada Januari.

Baca Juga: Akun Facebook Pakai Foto Wali Kota Tanjungpinang Hujat Kepala Kajati Kepri

Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Tumisu)
Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Tumisu)

Pihak Facebook memberi tahu Insider bahwa data ini dihapus karena kerentanan yang diperbaiki pada tahun 2019 lalu.

Perusahaan memberi jawaban pada Motherboard pada Januari ''Ini adalah data lama yang sebelumnya dilaporkan pada 2019'' kata Facebook.

Troy Hunt, pencipta database Have I Been Pwned , mengatakan pada hari Sabtu bahwa "Saya belum melihat apa pun yang menunjukkan bahwa pelanggaran ini tidak sah."

Dalam datanya, dia hanya menemukan sekitar 2,5 juta alamat email unik, tetapi ternyata, “dampak terbesar di sini adalah nomor teleponnya”. Inilah yang mungkin berarti.

Hunt telah memuat alamat email yang bocor ke Have I Been Pwned, yang berarti kamu dapat memeriksa apakah akun data pribadi kamu termasuk sebagai bagian dari kumpulan data yang bocor.

Baca Juga: Masih Intip Data Pengguna, Google Dituntut Rp71,9 Triliun

Komentar