alexametrics

Telkomsel Prediksi Trafik Layanan Broadband Ramadhan Naik 8,54 Persen

Dythia Novianty
Telkomsel Prediksi Trafik Layanan Broadband Ramadhan Naik 8,54 Persen
Ilustrasi trafik layanan Telkomsel. [Telkomsel]

Telkomsel bersiap menghadapi lonjakan trafik layanan internet selaman Ramadhan dan Hari Raya Indul Fitri 2021.

Suara.com - Telkomsel bersiap menghadapi lonjakan trafik layanan internet selaman Ramadhan dan Hari Raya Indul Fitri 2021. Diprediksi kenaikan trafik layanan broadband akan mencapai 8,54 persen dibandingkan hari biasa.

Untuk itu, berbagai hal pun dipersiapkan sebagai langkah antisipasi agar komunikasi tetap berjalan normal.

"Perilaku digital pelanggan semakin meningkat dan hal ini mendorong terjadinya peningkatan penggunaan layanan," ujar Direktur Network Telkomsel, Nugroho dalam konferensi pers virtual, Senin (13/4/2021).

Selain itu, dia menambahkan, lonjakan juga terjadi pada trafik layanan panggilan suara dan SMS diproyeksi akan mengalami peningkatan sebesar 3,14 persen dan 2,95 persen.

Baca Juga: Trafik Ramadan, XL Axiata Prediksi Naik 10 Persen

"Sudah menjadi budaya dan momen Ramadhan intensitas silahturahim umat akan meningkat, terlebih lagi karena peraturan pemerintah tidak ada mudik, otomatis itu akan mendorong kita sebagai penyedia layanan komunikasi untuk bisa memberikan layanan terbaik," katanya.

Hingga April 2021, Telkomsel juga telah menggelar tambahan 263 unit BTS 4G/LTE baru, sehingga secara keseluruhan telah mengoperasikan lebih dari 236.000 unit BTS yang sebagian besarnya telah didukung teknologi broadband 3G dan 4G/LTE.

Salah satu mobile BTS Telkomsel di Tol Trans Sumatera. [Dok Telkomsel]
Ilustrasi mobile BTS Telkomsel. [Dok Telkomsel]

Selain itu, lebih dari 50 kota/kabupaten di Indonesia juga telah terlayani layanan VoLTE.

Telkomsel juga terus berupaya melakukan penguatan kualitas dan kapasitas jaringan, dengan mengoperasikan tambahan 63 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan menambah kapasitas internet capacity menjadi 8,07 Tbps.

Persiapan dalam menyediakan jaringan selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini pun, dilengkapi dengan aktivitas pengamatan dan penanganan jaringan yang mayoritas dilakukan secara virtual.

Baca Juga: Larangan Mudik Berlaku, Fokus Pekuat Jaringan Smartfren Berubah

"Melalui rangkaian upaya pengamanan jaringan dan optimalisasi pelayanan yang difokuskan dilakukan Telkomsel dalam mendampingi masyarakat menjalani Ramadan dan Idulfitri tanpa kehilangan esensinya, di tengah masa pandemi yang masih berlangsung,” tutup Nugroho.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar