alexametrics

Chat di WhatsApp dan Facebook Messenger akan Terhubung

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Chat di WhatsApp dan Facebook Messenger akan Terhubung
Ilustrasi aplikasi Facebook Messenger (Shutterstock).

Kedua aplikasi yang akan terhubung adalah WhatsApp dan Facebook Messenger versi Android.

Suara.com - Facebook dilaporkan tengah menguji fitur integrasi antar platform untuk aplikasi percakapan. Kedua aplikasi yang akan terhubung adalah WhatsApp dan Facebook Messenger versi Android.

Hal ini pertama kali ditemukan oleh peneliti media sosial asal Italia Alessandro Paluzzi. Ia telah menemukan beberapa perubahan tersembunyi yang ada di WhatsApp dan Facebook Messenger.

Menurutnya, kedua platform messenger tersebut memang belum terintegrasi hingga saat ini. Namun Paluzzi memperlihatkan sebuah gambar yang menghubungkan percakapan WhatsApp dengan berlatar Facebook Messenger.

Selain itu, fungsi integrasi antar aplikasi ini juga masih bersifat opsional. Artinya, pilihan untuk menyambungkan percakapan di WhatsApp dan Facebook Messenger bisa ditentukan pengguna seperti yang ada di Messenger dan Direct Message Instagram.

Baca Juga: Profil Jessica Jane, Jejak Digital Masa Lalunya di Facebook Terbongkar

"Saya juga akan menunjukkan lagi bahwa ini sepenuhnya opsional. Faktanya, anda sekarang dapat memilih untuk tetap menonaktifkan koneksi antara Instagram dan Facebook. Hal yang sama akan mungkin terjadi di WhatsApp," jelas Paluzzi, dikutip dari India Today, Selasa (20/4/2021).

Selain itu, jika pengguna tidak mau menghubungkan akun WhatsApp dengan Facebook, mereka tetap masih bisa menggunakan layanan WhatsApp tanpa batasan apapun.

"Beberapa fitur yang telah diterapkan di Facebook Messenger (seperti message reaction) kemungkinan besar juga akan hadir di WhatsApp," tambahnya.

Fitur cross chat ini sebenarnya sudah ada sejak Oktober lalu. Saat itu, fitur lintas aplikasi Instagram dan Facebook Messenger telah diresmikan. Pengguna bisa memilih apakah mereka mau menerima permintaan pesan atau langsung mendapat semua akses.

Jika fitur cross chat diaktifkan, maka lawan bicara yang dikirimi pesan di Facebook dan Instagram dapat melihat status aktif mereka. Selain lintas chat, pembaruan ini juga menghadirkan beberapa fitur dari Facebook Messenger ke Instagram.

Baca Juga: Tips Menghadapi Bully atau Perundungan di Media Sosial

Komentar