alexametrics

Rantai Makanan adalah Bagian Jaring-jaring Makanan, Bagaimana Prosesnya?

Rifan Aditya
Rantai Makanan adalah Bagian Jaring-jaring Makanan, Bagaimana Prosesnya?
Ilustrasi rantai makanan, kambing makan rumput - Nubian ibexes, sejenis kambing gurun berkeliaran di jalan selama masa karantina nasional karena krisis pandemi COVID-19 di kota Mitzpe Ramon, Israel selatan, pada (4/2/2021). [MENAHEM KAHANA / AFP]

Tahukah Anda bahwa rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan? Simak pengertian dan prosesnya berikut ini.

Suara.com - Tahukah Anda bahwa rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan? Ya, meskipun rantai makanan dan jaring makanan terlihat sama, namun keduanya memiliki perbedaan. 

Dalam hal ini, rantai makanan diartikan sebagai proses makan dan dimakan antara makhluk hidup berdasarkan urutan tertentu. Sederhananya, rantai makanan adalah urutan makan dan dimakan dari produsen, konsumen, dan pengurai

Jaring-jaring makanan adalah gabungan dari rantai makanan yang saling terhubung dan tumpang tindih dalam sebuah ekosistem. Untuk mengenal lebih jauh soal rantai makanan, berikut ini pengertian rantai makanan menurut para ahli hingga proses rantai makanan

1. Definisi Rantai Makanan menurut Para Ahli

Baca Juga: Pengertian Aliran Energi dalam Ekosistem, Lengkap dengan Contohnya

  • Kurniawan dkk (2008: 226)
    Rantai makanan adalah alur dari organisme yang saling memakan.
  • Prawirohartono (2004: 124)
    Rantai makanan adalah suatu peristiwa memakan dan dimakan dengan urutan dan arah tertentu.
  • Advances in Ecological Research (2011)
    Rantai makanan adalah suatu urutan yang setidaknya terdiri dua spesies berurutan yang membentang dari spesies basal (yaitu produsen utama atau detritus) ke predator teratas.

2. Proses Rantai Makanan

Dalam proses rantai makanan, terdapat produsen, konsumen, dan pengurai atau dekomposer yang memiliki peran dan fungsi yang berbeda. Berikut penjelasannya. 

  • Produsen
    Pada rantai makanan, produsen adalah organisme yang mampu membuat makanannya sendiri, seperti tumbuhan hijau. Keberadaan produsen ini tidak bergantung pada ketersediaan makanan namun keseimbangan alam. Sehingga produsen tidak memakan makhluk hidup lain, tapi dimakan oleh makhluk hidup lainnya.
  • Konsumen
    Konsumen adalah makhluk yang bergantung pada makhluk hidup lain karena tidak dapat memproduksi makanannya sendiri. Untuk itu, demi bertahan hidup ia bergantung pada organisme lain. Dalam hal ini, konsumen adalah hewan.
  • Pengurai
    Pengurai berperan sebagai organisme terakhir dalam rantai makanan. Ia mampu mengubah zat organik menjadi zat anorganik. Misalnya, mengurai bangkai atau tumbuhan yang sudah mati lalu mengembalikan nutrisinya ke dalam tanah yang akan digunakan oleh tanaman untuk berfotosintesis.

Seperti itulah proses rantai makanan mulai dari produsen hingga pengurai. Jadi rantai makanan adalah bagian jaring-jaring makanan yang terdiri dari tiga komponen dengan fungsi berbeda tersebut.

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Baca Juga: Pengertian dan Jenis Ekosistem

Komentar