alexametrics

Hapus Port Earphone, Apple Rupanya Mencontek Oppo

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Hapus Port Earphone, Apple Rupanya Mencontek Oppo
iPhone 7 bukan ponsel pertama yang tak memiliki earphone jack. Foto:Seorang bocah di China sedang mencoba iPhone 7 pada 16 September lalu (AFP/Johannes Eisele).

Oppo Finder diluncurkan pada 2012 sudah tak memiliki port 3,5 mm untuk earphone.

Suara.com - Apple selama ini dikenal sebagai perusahaan pertama yang menghapus port earphone jack 3.5 mm untuk smartphone, ketika perusahaan asal Amerika Serikat itu meluncurkan iPhone 7 pada 2016 lalu. Tetapi rupanya Apple cuma mencontek langkah Oppo.

Ya, Oppo yang merek Tiongkok itu adalah pelopor penghapusan jack 3.5 mm untuk earphone pada ponsel. Kebijakan itu diterapkan pada ponsel bernama Oppo Finder yang meluncur pada 2012.

Apple sering disebut sebagai pelopor penghapusan jack earphone karena setelah 2016 banyak pabrikan ponsel lain, termasuk Samsung dari Korsel dan merek-merek Tiongkok lainnya yang mengekor.

Oppo Finder sendiri dirancang sebagai ponsel tertipis di dunia. Adapun ketebalan Oppo Finder saat ini sekitar 6,65 mm. Jika masih ada jack earphone, mungkin ketipisan yang diharapkan tak akan tercapai.

Baca Juga: Apple Watch Selanjutnya Bisa Deteksi Gula dan Alkohol dalam Darah

Tetapi Oppo Finder bukan satu-satunya ponsel tanpa port earphone dari Oppo. Dua tahun kemudian, perusahaan itu meluncurkan Oppo R5. Lagi-lagi, ponsel ini tak punya port earphone agar bisa memiliki bodi setipis 4,85 mm.

Saat diluncurkan Oppo R5 memang jadi ponsel tertipis di dunia. Tetapi tak lama ia dikalahkan oleh Vivo X5 Max yang tebalnya cuma 4,75 mm.

Kemudian pada 2016, Apple meluncurkan iPhone 7 yang tak punya port earphone. Tetapi bedanya, Apple memang selangkah lebih maju karena di saat yang sama perusahaan meluncurkan produk lain bernama earbuds nirkabel sebagai pengganti earphone yang harus dicolok ke ponsel.

Komentar