alexametrics

Cara Menghemat Kuota Google Meet dan Zoom

Dany Garjito
Cara Menghemat Kuota Google Meet dan Zoom
Cara Menghemat Kuota Google Meet dan Zoom. [Shutterstock]

Berikut cara menghemat kuota Google Meet dan Zoom.

Suara.com - Masih dalam suasana lebaran di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, silaturahmi atau halal bi halal dapat dilakukan secara online agar mencegah penularan virus. Beruntungnya, saat ini sudah banyak pilihan aplikasi untuk komunikasi online, mulai dari Whatsapp, Google Meet, Skype, Facetime, Slack, Zoom, hingga Cisco Webex.

Di antara banyaknya aplikasi tersebut, ditemukan bahwa Zoom ternyata paling irit data dengan kebutuhan bandwidth sekitar 700 Kbps. Kemudian Skype, Hangouts, dan Webex menyusul setelahnya secara berturut-turut. Kebutuhan bandwidth Skype sekitar 977 Kbps, Hangouts 1.100 Kbps, sedangkan Webex 1.700 Kbps.

Tapi jangan khawatir, karena Anda masih bisa menghemat kuota internet. Yuk, simak cara menghemat kuota Google Meet dan cara menghemat kuota Zoom berikut ini:

Google Meet

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bau Rokok di Dalam Mobil

Google Meet. [Shutterstock]
Cara Menghemat Kuota Google Meet dan Zoom. [Shutterstock]

Fitur untuk menghemat kuota saat menggunakan aplikasi Google Meet kini telah tersedia setelah pengguna meng-update aplikasi ke versi terbaru. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka aplikasi Google Meet yang telah diperbarui, lalu masuk ke menu setting
  • Kemudian aktifkan fitur Limit Data Usage dengan mengusap toggle ke samping kanan.

Fitur Limit Data Usage juga dapat digunakan untuk menghemat daya baterai, sumber daya CPU, dan memori perangkat. Sementara jika Anda ingin meningkatkan kualitas video, Anda dapat mematikan fitur tersebut.

Zoom

  • Pertama, matikan kualitas video HD dengan cara klik menu "Settings" atau Pengaturan. Lalu pilih opsi "Video" yang berada di sebelah kiri menu Pengaturan. Pada bagian "My Video", non aktifkan centang pada kolom opsi "Enable HD".
  • Selanjutnya, gunakan fitur Share Screen hanya jika dibutuhkan saja. 
  • Hindari penggunaan data lainnya saat mengaktifkan Zoom. Anda juga sebaiknya tidak menjalankan aplikasi lain seperti streaming video, streaming musik, game online, atau meng-upload dan download file besar selama halal bi halal online sedang berlangsung.

Itulah cara menghemat kuota Google Meet dan Zoom yang cukup mudah untuk dipraktekkan. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya persis seperti yang telah disebutkan di atas. Selamat mencoba! 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Baca Juga: Vaksinasi Gotong Royong: Cara Daftar, Tarif, Jenis Vaksin

Komentar