alexametrics

Samsung Perkenalkan Sensor Kamera ISOCELL JN1, Bawa Resolusi 50MP

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Samsung Perkenalkan Sensor Kamera ISOCELL JN1, Bawa Resolusi 50MP
Sensor kamera ISOCELL JN1 dari Samsung [GSM Arena].

Sensor ini berfungsi meningkatkan sensitivitas cahaya dan warna.

Suara.com - Samsung memperkenalkan sensor kamera terbaru yang ditargetkan untuk smartphone, yaitu ISOCELL JN1 yang mengemas resolusi 50MP.

Ukuran satu pikselnya hanya 0,64 m, menjadikannya sensor kamera terkecil yang pernah diproduksi oleh perusahaan asal Korea Selatan ini.

Samsung menyebut bahwa sensor ini dibuat untuk setiap smartphone, mulai dari kelas menengah hingga flagship.

Dilansir dari GSM Arena pada Jumat (11/6/2021), sensor memiliki ISOCELL 2.0 untuk isolasi piksel tingkat lanjut dan mengurangi cross-talk.

Baca Juga: Menjelang Peluncuran, Ini Prediksi Spesifikasi Samsung Galaxy M32

Perbandingan jari manusia dengan Sensor kamera Samsung ISOCELL JN1 [GSM Arena].
Perbandingan jari manusia dengan sensor kamera Samsung ISOCELL JN1 [GSM Arena].

Secara teori, sensor ini meningkatkan sensitivitas cahaya dan warna dengan bahan yang ditingkatkan antara filter warna. Juga tidak akan membiarkan cahaya dari satu piksel bocor ke piksel di sebelahnya.

ISOCELL JN1 juga hadir dengan teknologi Tetrapixel yang menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel besar 1,28μm untuk gambar 12,5MP yang cerah dan sedikit noise. Ini juga memungkinkan HDR real-time dengan dua eksposur ditangkap pada saat yang bersamaan.

Pemfokusan fase-deteksi pun ditingkatkan dan sekarang hadir dengan nama Double Super PD. Samsung mendesain ulang lensa mikro di atas piksel pada ISOCELL JN1 yang mampu meningkatkan kecepatan dan akurasi fokus otomatis.

Sensor ini dilaporkan dapat merekam video hingga 4K dengan dukungan 60fps dan 1080p dengan 240fps, namun ini juga bergantung pada smartphone yang memiliki chipset mumpuni.

Sensor Samsung ISOCELL JN1 sudah dalam produksi massal sehingga kemungkinan ponsel pertama yang dilengkapi sensor tersebut akan hadir tidak lama lagi.

Baca Juga: Samsung Chromebook 4 Resmi Dirilis, Spesifikasinya Tidak Murahan

Komentar