alexametrics

Metamorfosis: Pengertian dan Tahap-tahapnya

Rifan Aditya
Metamorfosis: Pengertian dan Tahap-tahapnya
Metamorfosis: Pengertian dan Tahap-tahapnya - Spesies Kupu-kupu di Kalimalang

Metamorfosis adalah perubahan bentuk yang terjadi pada hewan. Proses tersebut dialami sejumlah hewan sebagai tahap pertumbuhan dan perkembangan hidup.

Suara.com - Metamorfosis adalah perubahan bentuk yang terjadi pada hewan. Berikut ini pengertian dan tahap-tahap metamorfosis yang perlu kalian ketahui saat belajar biologi.

Proses tersebut dialami sejumlah hewan sebagai tahap pertumbuhan dan perkembangan hidup. Ada hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan ada pula yang melalui metamorfosis tidak sempurna

Pengertian Metamorfosis

Lebih jelasnya, metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi yang meliputi perubahan fisik dan struktur hewan tanpa melalui kelahiran maupun penetasan. Perubahan tersebut terjadi akibat pertumbuhan dan diferensiasi sel. 

Baca Juga: Metamorfosis Sempurna: Proses dan Contohnya

Metamorfosis Sempurna dan Metamorfosis Tidak Sempurna

Hewan dikatakan mengalami metamorfosis sempurna jika mengalami empat tahap. Contoh metamorfosis sempurna, salah satunya terjadi pada kupu-kupu. Tahapan telur, larva, pupa, dan kupu-kupu dewasa. 

Sementara ada juga hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna atau disebut juga dengan metamorfosis sederhana. Jenis metamorfosis ini hanya melalui tiga tahap yakni telur, larva.atau nimfa, dan imago atau wujud dewasa.

Metamorfosis tidak sempurna dialami oleh beberapa serangga contohnya kutu daun, jangkrik, belalang, belalang sembah kecoa, rayap, capung, dan kutu rambut.

Dikutip dari www.amentsoc.org, metamorfosis tidak sempurna adalah jenis metamorfosis yang membuat serangga menetas dari telur dan kemudian berubah ke nimfa. Pada tersebut nimfa terlihat seperti versi kecil dari dewasa tetapi semakin besar seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Dampak Erosi, Batu Ikonik Darwin's Arch di Galapagos Runtuh

Pada tahap nimfa akhir serangga kemudian berganti kulit menjadi bentuk dewasa. Bentuk dewasa seringkali hanya dapat dibedakan dari nimfa berdasarkan ukuran dan keberadaan sayap.

Komentar