alexametrics

Dua Brand Ini Bantu Oppo Salip Apple pada Mei 2021

Dythia Novianty
Dua Brand Ini Bantu Oppo Salip Apple pada Mei 2021
Ilustrasi Oppo. [Shutterstock]

Oppo dibantu dua merek (brand) anak perusahaannya, berhasil menyalip Apple.

Suara.com - Oppo dibantu dua merek (brand) anak perusahaannya, berhasil menyalip Apple untuk catatan penjualan Mei 2021.

Kondisi ditunjang dengan perubahan sektor bisnis telekomunikasi usai Huawei menghilang dari dunia smartphone dan Oppo bersama dengan anak perusahaannya OnePlus dan Realme, menyerap banyak sisa bisnis.

Counterpoint Research melaporkan bahwa perusahaan yang terdiri dari Oppo, OnePlus, dan Realme ini merebut pangsa pasar gabungan 16 persen pada Mei 2021.

Angka ini menjadikan Oppo produsen smartphone terbesar kedua di dunia di belakang Samsung, sebagaimana melansir dari Phonearena, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga: Oppo Reno6 Z Meluncur Diam-diam, Dipacu Dimensity 800U

Memecah pangsa pasar itu berdasarkan merek, Oppo adalah yang paling populer dengan pangsa 10 persen dari pengiriman smartphone global.

Realme mengikuti di urutan kedua dengan menyumbang 5 persen dan OnePlus menambahkan 1 persen dari total.

Market share pasar global Oppo Group, Apple, Xiaomi. [Counterpointresearch]
Market share pasar global Oppo Group, Apple, Xiaomi. [Counterpointresearch]

Analis Senior di Counterpoint Research Jene Park mencatat bahwa Oppo dapat segera menjadi "merek dominan berikutnya yang datang dari China" setelah Huawei.

Namun, ada satu perbedaan utama antara Huawei dan Oppo, yakni akses ke pasar smartphone Amerika Serikat (AS).

Terlepas dari upaya Huawei untuk mencapai kesepakatan distribusi dengan AT&T, situasi politik akhirnya menghalanginya memasuki pasar.

Baca Juga: Mirip Android, Apple Akan Bawa Fitur Always on Display di iPhone 13

Oppo, di sisi lain, sudah memiliki akses ke pasar smartphone AS yang kompetitif, melalui Verizon dan T-Mobile dengan sub-merek OnePlus.

Komentar