alexametrics

Tsunami Ancam Hawaii dan Alaska Usai Gempa Bermagnitudo 8,2

Liberty Jemadu
Tsunami Ancam Hawaii dan Alaska Usai Gempa Bermagnitudo 8,2
Gempa magnitudo 8,2 mengguncang Alaska pada Kamis petang waktu Indonesia (29/7/2021). Gempa diperkirakan memicu tsunami hingga ke Hawaii. Ilustrasi Gempa. [Antara]

Gempa magnitudo 8,2 terjadi pada Rabu malam waktu AS atau sekitar Kamis petang waktu Indonesia.

Suara.com - Peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk wilayah Hawaii pada Rabu malam waktu setempat atau Kamis petang waktu Indonesia Barat (29/7/2021) setelah gempa bermagnitudo 8,2 mengguncang semenanjung Alaska.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) mengatakan bahwa gempa tersebut bermagnitudo 8,1 dan pihaknya kini sedang mengevaluasi apakah Hawaii berpotensi disapu tsunami akibat gempa tersebut.

"Berdasarkan semua data yang ada, tsunami bisa saya terpicu oleh gempa bumi ini dan bisa berdampak merusak meski menyapu area pesisir yang jauh dari episenter," terang PTWC seperti dilansir dari ABC.

Sementara itu Survei Geologi AS mengumumkan bahwa gempa tersebut bermagnitudo 8,2 dengan episentrum sekitar 91 kilometer sebelah timur tenggara Perryville, Alaska.

Baca Juga: Peringatan Tsunami di Maluku Tengah, Warga Lihat Gelombang Pasang 2 Meter

Pusat gempa berada di kedalamam 46,7 km dan karenanya termasuk dalam gempa dangkal (karena kurang dari 70 km). Gempa itu, demikian CNN, disusul oleh dua gempa kuat, masing-masing berkekuatan 6,2 dan 5,6.

Gempa ini diperkirakan memicu kerusakan ringan hingga menengah di sekitar Alaska. Selain itu peringatan tsunami juga dikeluarkan di sebagian Alaska yakni di Alaska Selatan dan Semenanjung Alaska. Peringatan tsunami juga telah diumumkan di Hawaii.

Komentar