alexametrics

WhatsApp Kini Bisa Sembunyikan Chat Tanpa Blokir Kontak, Ini Caranya

RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
WhatsApp Kini Bisa Sembunyikan Chat Tanpa Blokir Kontak, Ini Caranya
Ilustrasi WhatsApp. [Dimitri Karastelev/Unsplash]

Salah satu fungsinya, membantu pengguna agar tetap menampilkan chat terpenting di kolom teratas.

Suara.com - WhatsApp mengumumkan sebuah fitur baru untuk arsip chat tanpa perlu memblokir kontak seseorang. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membisukan chat yang diarsipkan, bahkan saat menerima pesan baru dalam chat yang diarsipkan.

Itu artinya, pesan baru dari pengirim tetap diarsipkan secara permanen. Namun pesan yang diarsipkan bisa kembali dibatalkan secara manual.

"Arsip di WhatsApp memungkinkan pengguna mengatur pesan pribadi dan memprioritaskan percakapan penting. Pesan akan tetap diarsipkan dan dibisukan, namun bisa mengubahnya kembali," kata WhatsApp dalam Twitternya, dikutip pada Minggu (1/8/2021).

Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu menekan chat dari seseorang atau grup dan pilih logo arsipkan di kanan atas. Selanjutnya pesan akan tersembunyi dalam folder.

Baca Juga: Cara Menghemat Data di WhatsApp, Langkahnya Mudah dan Sederhana

Cara sembunyikan percakapan WhatsApp tanpa blokir [NDTV]
Cara sembunyikan percakapan WhatsApp tanpa blokir [NDTV]

Jika mau mengembalikan pesan seperti semula, mereka hanya perlu membuka folder arsip yang ada di kolom atas. Selanjutnya tekan lama, chat yang mau dikembalikan dengan mengetuk logo arsip di kanan atas.

Dikutip dari NDTV, WhatsApp mengatakan bahwa fitur ini bertujuan untuk memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas chat yang masuk dalam inbox mereka. Juga membantu pengguna agar tetap menampilkan chat terpenting di kolom teratas.

Sebelum diperbarui, pesan yang diarsipkan, baik itu chat individu maupun grup, bisa dibatalkan apabila mereka mendapatkan pesan baru dalam chat tersebut.

WhatsApp mengatakan bahwa banyak penggunanya yang ingin pesan tetap diarsipkan dan tersembunyi di dalam folder Archived Chats. Itulah sebabnya anak perusahaan milik Facebook meluncurkan fitur baru di pesan arsip.

Pengguna bisa mengarsipkan chat individu dan grup yang tidak diinginkan dalam daftar chat utama mereka. Lalu WhatsApp secara default akan akan memisahkan chat yang diarsipkan meski nanti ada pesan baru.

Baca Juga: Bos WhatsApp Benarkan Pejabat AS Jadi Target Pegasus

Dengan demikian, pengguna tidak akan mendapatkan pemberitahuan apabila mereka mendapatkan pesan yang sudah diarsipkan. Notifikasi akan muncul apabila mereka di-tag atau pesannya dibalas langsung.

Fitur ini sebenarnya sudah diuji coba sejak April 2019 dan baru tersedia untuk beberapa pengguna iPhone minggu lalu. Sekarang, fitur ini dipastikan sudah tersedia untuk semua perangkat.

Komentar