facebook

Ilmuwan Temukan Ini Pulau Paling Utara di Dunia

Dythia Novianty
Ilmuwan Temukan Ini Pulau Paling Utara di Dunia
Kutub Utara. [Shutterstock]

Sekelompok ilmuwan mengatakan mereka telah menemukan secara kebetulan apa yang mereka yakini sebagai pulau paling utara di dunia.

Suara.com - Sekelompok ilmuwan mengatakan mereka telah menemukan secara kebetulan apa yang mereka yakini sebagai pulau paling utara di dunia, di lepas pantai Greenland.

Pada Juli lalu, para ilmuwan terbang untuk mengumpulkan sampel ke tempat yang mereka pikir adalah Pulau Oodaaq, yang telah dikenal sejak 1978.

Tetapi ketika memeriksa posisi mereka dengan pejabat Denmark yang bertanggung jawab untuk mendaftarkan pulau-pulau Arktik, berada 800m (2.625 kaki) lebih jauh ke utara.

Pulau berukuran 60X30m adalah titik terdekat dari daratan ke Kutub Utara, kata mereka.

Baca Juga: Fosil Paus Berkaki Empat Ditemukan di Mesir

Greenland adalah wilayah Arktik otonom yang luas milik Denmark.

"Pulau itu ditemukan selama ekspedisi penelitian Denmark-Swiss, yang saya koordinasikan," kata pemimpin ilmiah Morten Rasch dari Stasiun Arktik di Greenland, Universitas Kopenhagen, dilansir dari BBC, Minggu (29/8/2021).

Ilustrasi Greenland (Pixabay/Lurens)
Ilustrasi Greenland (Pixabay/Lurens)

"Kami ingin di antara banyak hal lain untuk mengunjungi Pulau Oodaaq, yang sebelumnya dikenal sebagai pulau paling utara."

Rasch mengatakan, timnya ingin mengambil sampel pulau untuk mencari spesies baru yang beradaptasi dengan kehidupan di lingkungan yang sangat ekstrem ini".

"Kami adalah enam orang di sebuah helikopter kecil, dan ketika kami mencapai posisi Pulau Oodaaq, kami tidak dapat menemukannya," katanya, seraya menambahkan bahwa peta tidak terlalu akurat di bagian dunia itu.

Baca Juga: Jenis Planet Hycean Berpotensi Tampung Kehidupan Alien

Menurut Rasch, pihaknya baru saja mulai mencari pulau itu. Setelah beberapa menit yang sangat menyenangkan, mereka mendarat di kumpulan lumpur, endapan moraine, dan kerikil aneh yang tidak bervegetasi yang dikelilingi oleh es laut di semua sisi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar