facebook

Squid Game Terlalu Laris, Netflix Digugat

Liberty Jemadu
Squid Game Terlalu Laris, Netflix Digugat
Ilustrasi Netflix, platform yang menayangkan serial Squid Game. (pixabay)

Tingginya trafik internet akibat Squid Game membuat operator internet Korsel menggugat Netflix.

Suara.com - Netflix digugat oleh perusahaan SK Broadband, perusahaan penyedia layanan internet Korea Selatan, akibat tingginya jumlah pemutaran serial Squid Game.

Seperti diwartakan Reuters, Jumat (1/10/2021), SK Broadband meminta Netflix untuk mengganti rugi biaya kenaikan trafik pengguna serta ongkos perawatan jaringan karena popularitas Squid Game.

Sebagai tanggapan, Netflix mengatakan pihaknya akan meninjau klaim serta tudingan SK Broadband tersebut. Selain itu, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut juga akan berdialog dan bekerja sama dengan SK Broadband agar para pelanggan keduanya tidak merasa terganggu.

Netflix memang sedang menjadi sasaran kritik di Korsel. Belum lama ini, sebuah pengadilan di Seoul memutuskan bahwa Netflix harus memberikan imbalan kepada penyedia jasa internet di negara tersebut atas pemakaian jaringan mereka.

Baca Juga: 6 Artis Demam Squid Game, Lucinta Luna Sampai Bikin Parodi

Sementara beberapa politikus juga mendesak agar perusahaan streaming seperti Netflix harus membayar penggunaan jaringan internet.

Di Korsel, berkat konten-konten yang beragam, Netflix kini menjadi layanan pemicu tingginya konsumsi data internet setelah Youtube. Tetapi dua perusahaan Amerika ini tidak membayar iuran penggunaan layanan internet kepada operator setempat.

Perusahaan lain seperti Amazon, Apple, dan Facebook sudah membayar biaya penggunaan jaringan internet kepada operator internet di Korsel.

Lonjakan lalu lintas data Netflix di jaringan SK Broadband naik 24 kali lipat dibandingkan pada Mei 2018 lalu menjadi 1,2 triliun bit data per detik pada September. Ini terjadi karena banyak tayangan Netflix yang diminati di negara tersebut.

SK Broadband telah mengajukan gugatan terhadap Netflix untuk membayar penggunaan jaringan sejak perusahaan penyedia konten video itu mulai menggunakan jalur khusus pada 2018 untuk menayangkan video beresolusi tinggi yang memakan banyak data.

Baca Juga: Malah Kena Zonk, Beli Permen Dalgona Ala Squid Game yang Datang Kayak Gini

Netflix sendiri pada 2020 kemarin mengajukan gugatan untuk memastikan apakah pihaknya memang wajib membayar operator seperti SK Broadband. Netflix menilai pihaknya hanya bertugas sebagai penyedia konten.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar