alexametrics

Asus Zenfone 8 Bisa Pakai Internet 5G Indosat

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Asus Zenfone 8 Bisa Pakai Internet 5G Indosat
Akan diluncurkan di Indonesia pada 15 Oktober 2021, harga Zenfone 8 dari Asus masih misterius. [Dok Asus Indonesia]

Asus Zenfone 8 belum bisa langsung menggunakan internet 5G yang ada di Indonesia.

Suara.com - Asus Zenfone 8 dikonfirmasi segera rilis di Indonesia pada 15 Oktober nanti. Ponsel ini juga sudah dipastikan mendukung internet 5G dari Indosat Ooredoo.

Meski begitu, Asus Zenfone 8 belum bisa langsung menggunakan internet 5G yang ada di Indonesia. Asus masih mempersiapkan update firmware agar mengaktifkan fitur internet generasi ke lima di ponsel tersebut.

"Kami masih berkoordinasi dengan Indosat Ooredoo untuk mengaktifkan internet 5G di Asus Zenfone 8. Jadi harus update firmware lebih dulu," terang Advent Jose selaku Product Marketing Asus Indonesia dalam acara Media Sneak Peek Zenfone 8 yang digelar virtual, Jumat (8/10/2021).

Secara rinci, Asus Zenfone 8 sudah mendukung internet 5G dengan band n1, n2, n3, n5, n7, n8, n12, n20, n28, n38, n77, n78. Indosat sendiri memakai band n3 yang berjalan di pita frekuensi 1.800MHz atau 1,8GHz.

Baca Juga: Peluncuran Asus Zenfone 8 di Indonesia Telat karena Krisis Chip Dunia

Sementara untuk internet 5G lainnya seperti dari Telkomsel, mereka menggunakan band n40 di frekuensi 2.300MHz atau 2,3GHz. Band itu belum ada support Asus Zenfone 8, yang berarti ponsel tidak bisa menggunakan internet 5G milik Telkomsel.

Jose mengaku, pihaknya saat ini masih mengupayakan proses aktivasi internet 5G yang bisa dinikmati pengguna Indosat Ooredoo. Ia berharap upaya ini bisa dilakukan secepat mungkin.

"Kami usahakan aktivasi 5G di Zenfone 8 dilakukan secepat mungkin supaya bisa dinikmati pengguna di Indonesia. Jadi masih harus menanti update firmware," jelasnya.

Komentar