alexametrics

Fungsi Tulang Pengumpil: Tulang Gerak yang Memiliki Berbagai Fungsi

Rifan Aditya
Fungsi Tulang Pengumpil: Tulang Gerak yang Memiliki Berbagai Fungsi
Fungsi Tulang Pengumpil: Tulang Gerak yang Memiliki Berbagai Fungsi - Ilustrasi kerangka tubuh manusia (Dok. Elements Envato)

Fungsi tulang pengumpil akan dijelaskan dalam artikel ini. Namun sebelum itu kalian perlu tahu dulu apa itu tulang pengumpil.

Suara.com - Dalam tubuh manusia tersusun tulang-tulang yang membantu manusia untuk dapat bergerak dan melakukan aktivitas, salah satunya adalah tulang pengumpil. Apa fungsi tulang pengumpil?

Perlu diketahui, struktur tulang yang berada dalam tubuh memiliki fungsinya masing-masing. Hal itu tak terkecuali dengan tulang pengumpil. Fungsi tulang pengumpil akan dijelaskan dalam artikel ini. Namun sebelum itu kalian perlu tahu dulu apa itu tulang pengumpil.

Apa itu Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil adalah  salah satu ruas tulang yang berada di bagian lengan atas. Tulang pengumpil juga berfungsi untuk melakukan berbagai aktivitas.  

Baca Juga: Haru! Tetap Bekerja meski Tulang Iga Patah, Perjuangan Sosok Ayah Ini Viral

Tulang pengumpil berbentuk seperti pipa yang padat dan kuat dengan bagian depan tulang (diafsis) memiliki rongga yang menjadi tempat sumsum tulang. Letak tulang ini berbentuk panjang dari tulang ibu jari hingga bagian siku.

Tulang in memiliki dua ujung ukuran yang lebih pendek dari pada tulang hasta dan umumnya memiliki panjang 20-26 cm.

Fungsi Tulang Pengumpil

Fungsi tulang pengumpil juga adalah menyusun kerangka lengan bawah dan menjadi tempat otot dan menghubungkan pergelangan tangan dan lengan atas. Tulang pengumpil juga berguna untuk menopang berat.

  1. Tulang pengumpil membuat tangan dapat mengangkat benda
  2. Tulang pengumpil dapat menyusun kerangka lengan bawah sebagai bagian alat gerak atas.
  3. Tulang pengumpil berperan dalam gerakan pergelangan tangan
  4. Tulang pengumpil dapat membantu otot untuk menggerakan siku dan lengan
  5. Tulang pengumpil sebagai tempat melekatnya otot bisep
  6. Tulang pengumpil membentuk sendi peluru yang ada pada pergelangan tangan
  7. Tulang pengumpil berperan dalam membengkokan dan meluruskan tangan
  8. Tulang pengumpil dapat berperan dalam memproduksi sel darah karena terdapat sumsum tulang di dalamnya.

Tulang pengumpil diketahui merupakan tulang yang rawan mengalami cedera daripada tulang hasta. Salah satu akibat cedera pada tulang pengumpil adalah saat seseroang menahan berat badan dengan tumpuan bagian tangan bawah. Hal ini membuat tulang pengumpil mendapatkan tekanan lebih besar.

Baca Juga: 4 Info Penting Museum Zoologi Bogor, Termasuk Harga Tiket Masuk

Ada pun jenis gangguan yang rawan terjadi terhadap tulang pengumpil seperti patah tulang yang menyebabkan fragment tulang menembus kulit, fraktur greenstick yang sering terjadi kaum lansia, rawan mengalami retakan bagi anak-anak.

Komentar