alexametrics

5 Manfaat Batu bara untuk Kehidupan Sehari-hari

Rifan Aditya
5 Manfaat Batu bara untuk Kehidupan Sehari-hari
5 Manfaat Batu bara untuk Kehidupan Sehari-hari - Tongkang bermuatan batu bara tak bisa berlayar di Sungai Barito. (Antara/HO-UPTD Dermaga Muara Teweh)

Apa saja manfaat batu bara? yuk, simak manfaat batu bara berikut ini.

Suara.com - Batu bara merupakan salah satu sumber daya yang ada di Bumi dan berpengaruh untuk kehidupan manusia. Ada beberapa manfaat batu bara untuk kehidupan sehari-hari umat manusia.

Makanya dianggap penting. Apalagi faktanya, batu bara menyumbang 40 persen bahan bakar listrik hampir di seluruh dunia. Itu hanya satu contoh manfaat batu bara di kehidupan manusia.

Sementara itu, menurut Pusat Kajian Sumberdaya Bumi Non-Konvensional Universitas Gadjah Mada, batu bara merupakan kumpulan dari sisa-sisa tumbuhan yang mati namun tidak membusuk sempurna. Sehingga hal ini terkumpul dan tersimpan dengan baik di anaerob dalam tanah atau di bawah endapan.

Lalu, apa saja manfaat batu bara? yuk, simak manfaat batu bara berikut ini.

Baca Juga: Pertamina Bongkar Aksi Penimbunan BBM Solar Subsidi di Jateng

Manfaat Batu Bara

Sebagai bahan bakar utama di Bumi, sebanyak 30 persen energi di seluruh dunia dan 40 persen sumber energi pembangkit listrik menggunakan batu bara sebagai bahan utara. Menurut penelitian, ketersediaan batu bara saat ini cukup untuk bahan bakar energi hingga 300 tahun ke depan.

1. Menghasilkan mineral

Selain sebagai bahan bakar, manfaat batu bara juga menghasilkan mineral lainnya yang dapat digunakan untuk memproduksi fenol dan naftalen.

Fenol merupakan bahan yang dipakai dalam obat kumur dan sejumlah cairan pembersih lainnya. Sedangkan naftalena adalah bahan untuk memproduksi plastik, resin, hingga insektisida.

Baca Juga: Viral Spanduk BBM di Pinggir Jalan Bikin Pengendara Buyar, Publik: Gimana Sih?!

2. Dianggap lebih ramah lingkungan

Komentar