alexametrics

Google Drive Untuk Apa? Inilah Ulasan Fungsinya

Rifan Aditya
Google Drive Untuk Apa? Inilah Ulasan Fungsinya
Google Drive Untuk Apa? Inilah Ulasan Fungsinya - Google Drive

Meskipun sudah cukup populer, nyatanya masih ada sebagian orang yang penasaran Google Drive untuk apa.

Suara.com - Salah satu produk dari Google yang cukup populer saat ini adalah Google Drive. Untuk kalian yang belum tahu fungsi Google Drive untuk apa, simak ulasannya dalam artikel ini.

Perlu kalian ketahui, Google Drive adalah layanan penyimpanan file berbasis online yang diluncurkan pada 24 April 2012 lalu. Meskipun sudah cukup populer, nyatanya masih ada sebagian orang yang penasaran Google Drive untuk apa.

Google Drive memudahkan para penggunanya untuk menyimpan file dengan berbagai jenis dan ukuran melalui internet dengan akun Gmail yang dimiliki. Besaran penyimpanan Google Drive untuk layanan gratisnya sebesar 15 GB dan dapat ditambahkan dengan jumlah pembayaran tertentu.

Google Drive otomatis akan tersinkronisasi dengan layanan Google lainnya seperti Gmail, Hangouts, Google Photos, dan lain sebagainya. Bahkan WhatsApp juga memungkinkan penggunanya untuk mem-backup seluruh data pada akunnya di Google Drive.

Baca Juga: Mudah Banget, Cara Backup WhatsApp Tanpa Google Drive

Fungsi Google Drive cukup beragam mulai dari menyimpan file, berbagi file, hingga mem-backup file dalam jumlah besar. Fungsi Google Drive ini rupanya juga sudah mulai menggeser peran penyimpanan fisik seperti harddisk maupun flashdisk. Nah, seperti apa fungsi Google Drive? Simak penjelasan selengkapnya berikut.

1. Menyimpan File

Fungsi Google Drive yang pertama adalah tempat untuk menyimpan berbagai file, bahkan yang bersifat pribadi sekalipun seperti ijazah atau sertifikat. Jangan khawatir, karena keamanan yang ditawarkan Google terjamin kerahasiaannya.

Foto, video, presentasi, PDF – bahkan file Microsoft Office, atau apapun jenis file-nya, semuanya dapat disimpan dengan aman di Drive.

2. Berbagi File

Baca Juga: Cara Backup Data WhatsApp ke Google Drive Biar Gak Hilang

Selain menyimpan file secara pribadi, fungsi Google Drive lainnya adalah dapat berbagi file dalam ukuran yang besar sekaligus dengan orang-orang tertentu. Kita dapat mengundang orang lain dengan cepat untuk melihat, memberi komentar, dan meng-edit file atau folder yang kita pilih.

Komentar