facebook

Exynos 2200 Bawa Peningkatan Performa, Lebih Kencang dari Chip Sebelumnya

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Exynos 2200 Bawa Peningkatan Performa, Lebih Kencang dari Chip Sebelumnya
Logo Samsung. [Shutterstock]

Exynos 2200 digadang-gadang menawarkan performa GPU mengesankan.

Suara.com - Chipset premium terbaru dari Samsung digadang-gadang hadir sebagai dapur pacu yang akan menyenangkan gamer. Sebuah bocoran teranyar mengklaim bahwa Exynos 2200 bakal membawa peningkatan performa signifikan.

Perilisan Exynos 2200 diharap menjadi peristiwa besar dalam industri grafis smartphone. GPU chipset bakal didasarkan pada arsitektur RDNA 2 dari AMD yang digunakan di APU, kartu grafis, dan (dalam bentuk yang dimodifikasi) pada konsol PlayStation 5 dan Xbox One Series.

Leaker @FrontTron membagikan bocoran Exynos 2200 yang menampakkan peningkatan kinerja signifikan dibanding generasi sebelumnya Exynos 2100.

Bocoran yang beredar mengklaim bahwa chipset menawarkan kinerja puncak yang meningkat 31-34 persen. Sementara kinerja berkelanjutan bakal naik 17-20 persen dibandingkan chipset sebelumnya.

Baca Juga: Bocoran Redmi Note 11 Series Versi Global, Bawa Chip Snapdragon?

Masih belum diketahui perbandingan langsung antara GPU Exynos 2200 dengan Adreno di dalam Snapdragon 898.

Bocoran chipset Exynos 2200. (Twitter/ FrontTron)
Bocoran chipset Exynos 2200. (Twitter/ FrontTron)

Dilansir dari GSMArena, Exynos 2200 diharapkan menawarkan keunggulan besar atas Snapdragon 888 di 3DMark Wild Life.

Meski begitu, informasi mengenai perbandingan kinerja SD 888 vs 898 masih belum tersedia ke publik. GPU AMD bakal menawarkan beberapa fitur unik seperti Ray Tracing sehingga kehadiran chipset dinantikan oleh gamer.

Ray Tracing kini menjadi standar di PC dan konsol game kelas atas. Fitur itu memungkinkan pengguna menikmati pengalaman game dengan efek pencahayaan yang lebih baik.

Berdasarkan rumor yang beredar, Exynos 2200 diharapkan meluncur pada 19 November 2021. Namun akun resmi Samsung membantah dan menjelaskan bahwa mereka tak mengenalkan chipset anyar di tanggal tersebut.

Baca Juga: Samsung Rilis Celana Jeans Rp 15 Juta untuk Kantongi Galaxy Z Flip 3

"Terlepas dari rumor yang ada, kami tidak memiliki acara peluncuran Exynos pada 19 November, tetapi kami memiliki beberapa perubahan yang akan datang di akun sosial kami. Pantau terus akun @SamsungDSGlobal untuk informasi lebih lanjut," tulis akun resmi @SamsungExynos. Cukup menarik menantikan persaingan chipset kelas atas setelah Exynos 2200 dan Snapdragon 898 meluncur ke publik.

Komentar