alexametrics

5 Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Geragih, Apa Saja?

Rifan Aditya
5 Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Geragih, Apa Saja?
5 Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Geragih, Apa Saja? - Wiwanda Agro menawarkan jenis stroberi Sochinoka dari Jepang untuk dipetik para pengunjung. [BeritaBali/Istimewa]

Apa saja tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih?

Suara.com - Geragih atau stolon merupakan modifikasi batang yang tumbuh menyamping dan pada bagian ruas-ruas batangnya tumbuh tanaman baru. Lalu apa saja tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih?

Perlu diketahui, geragih adalah cabang pada batang tanaman yang memiliki perubahan bentuk dan fungsi. Berikut ini beberapa contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih.

1. Stroberi

Dari segi bentuknya, stroberi adalah tanaman buah yang memiliki biji di bagian luar kulitnya. Siapa sangka ternyata stroberi adalah tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih.

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan jenis keluarga berry lainnya yang memiliki biji di dalam buah. Oleh karena itu, stroberi tidak termasuk dalam keluarga berry.

2. Rumput teki

Rumput teki juga termasuk dalam tanaman yang tumbuh dengan cara geragih. Tumbuhan pemilik nama ilmiah  Cyperus rotundus L.

Ini adalah tumbuhan herba yang banyak ditemukan di alam liar dan sering kali menjadi gulma dari tanaman lainnya. Ia berkembang biak dengan cara vegetatif alias menggunakan geragih atau stolon.

3. Pegagan

Baca Juga: 7 Manfaat Tumbuhan bagi Manusia Selain Sumber Makanan

Tanaman bernama ilmiah Centella asiatica atau pegagan merupakan tanaman herbal yang termasuk dalam keluarga tanaman berbunga apiaceae. Tanaman ini biasanya dijadikan sebagai salah satu sayuran untuk dimakan hingga ramuan obat karena memiliki banyak khasiat.

Komentar