alexametrics

10 Manfaat Angin untuk Kehidupan Manusia

Rifan Aditya
10 Manfaat Angin untuk Kehidupan Manusia
10 Manfaat Angin untuk Kehidupan Manusia - Ilustrasi kincir angin. [Shutterstock]

Selain merupakan energi ramah lingkungan dan dapat diberbarui, manfaat angin pun cukup banyak.

Suara.com - Energi angin menawarkan banyak keuntungan dan menjelaskan mengapa angin menjadi salah satu sumber energi dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Lantas, apa saja manfaat angin untuk kehidupan manusia?

Selain merupakan energi ramah lingkungan dan dapat diberbarui, manfaat angin pun cukup banyak. Melansir dari energy.gov, berikut penjelasan tentang beberapa manfaat angin.

1. Tenaga angin hemat biaya

Angin skala utilitas berbasis lahan adalah salah satu sumber energi dengan harga terendah yang tersedia saat ini, dengan biaya 1-2 sen per kilowatt-jam setelah kredit pajak produksi.

Baca Juga: Sifat Benda Gas, Lengkap dengan Ciri-ciri dan Contohnya

Karena listrik dari ladang angin dijual dengan harga tetap untuk jangka waktu yang lama (misalnya 20+ tahun) dan bahan bakarnya gratis, energi angin mengurangi ketidakpastian harga yang menambah biaya bahan bakar ke sumber energi tradisional.

2. Pembangkit listrik tenaga angin menciptakan pekerjaan

Pembangkit listrik tenaga angin di AS mempekerjakan lebih dari 100.000 pekerja, dan teknisi turbin angin adalah salah satu pekerjaan Amerika yang paling cepat berkembang. Menurut Wind Vision Report, angin berpotensi mendukung lebih dari 600.000 pekerjaan di bidang manufaktur, pemasangan, pemeliharaan, dan layanan pendukung pada tahun 2050.

3. Angin memungkinkan pertumbuhan industri

Proyek angin baru menyumbang investasi tahunan lebih dari $10 miliar dalam ekonomi AS. Amerika Serikat memiliki sumber daya domestik yang besar dan tenaga kerja yang sangat terampil, dan dapat bersaing secara global dalam ekonomi energi bersih.

Baca Juga: Tren Energi Terbarukan, Pemerintah Tegaskan Tetap Berdayakan Industri Migas

4. Sumber bahan bakar yang bersih

Komentar