alexametrics

Bagaimana Lumba-lumba Bernapas? Berikut Penjelasan Sistem Pernapasannya

Rifan Aditya
Bagaimana Lumba-lumba Bernapas? Berikut Penjelasan Sistem Pernapasannya
Bagaimana Lumba-lumba Bernapas? Berikut Penjelasan Sistem Pernapasannya - Ilustrasi lumba-lumba di laut lepas. (Pixabaywerdepate)

Faktanya, lumba-lumba tidak bisa bernapas di bawah air, karena mereka tidak memiliki insang. Lalu bagaimana lumba-lumba bernafas dan lumba-lumba bernapas dengan cara apa?

Suara.com - Lumba-lumba adalah hewan yang menghabiskan hidupnya di bawah air. Mungkin mengejutkan bahwa lumba-lumba bernapas dengan paru-paru. Bagaimana lumba-lumba bernapas dengan paru-paru?

Faktanya, lumba-lumba tidak bisa bernapas di bawah air, karena mereka tidak memiliki insang. Lalu bagaimana lumba-lumba bernapas dan lumba-lumba bernapas dengan cara apa? Melansir dari Study pada Kamis (25/11/2021) berikut ini penjelasannya.

Lumba-lumba: Ikan atau Mamalia?

Dari semua hewan yang hidup di laut, ada satu yang menarik perhatian karena kecerdasannya, triknya yang cerdik, dan wajahnya yang imut, ialah lumba-lumba. Lumba-lumba menghabiskan hidup mereka menjelajahi kedalaman laut.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Bronkus, Saluran Udara Yang Berperan Sebagai Kekebalan Tubuh

Jadi mereka pasti punya insang seperti ikan, kan? Sebenarnya, tidak: lumba-lumba menghirup udara seperti manusia. Bagaimana lumba-lumba bernapas ketika di bawah air?

Lumba-lumba memang mirip dengan ikan lainnya yang hidup di bawah air. Namun, lumba-lumba sebenarnya adalah mamalia. Ia memiliki paru-paru untuk bernapas dan menghirup udara. Saat lumba-lumba berenang, mereka muncul ke permukaan untuk menghirup udara menggunakan paru-parunya.

Namun tidak seperti manusia, lumba-lumba memiliki ciri khusus yang memungkinkan mereka untuk bernapas. Ini dikenal sebagai lubang sembur.

Bagaimana Lumba-lumba Bernapas?

Lumba-lumba adalah mamalia, yang berarti mereka menghirup udara ke paru-paru mereka, sama seperti kita. Mereka tidak bisa bernapas di bawah air seperti ikan karena mereka tidak memiliki insang.

Baca Juga: Cegah Gangguan Pernapasan, Ini Kiat Denada Menjaga Kesehatan Paru

Mereka bernapas melalui lubang sembur, lubang hidung yang beradaptasi terletak tepat di atas kepala mereka. Ketika lumba-lumba menghirup udara, O2 langsung masuk ke paru-paru mereka.

Komentar