alexametrics

6 Fakta Menarik 5G yang Perlu Kamu Ketahui

Ririn Indriani
6 Fakta Menarik 5G yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi koneksi internet 5G (Shutterstock).

Teknologi generasi kelima 5G akan memberikan kecepatan yang lebih tinggi dan latensi yang sangat rendah, tetapi apakah hanya itu?

Suara.com - Peluncuran 5G dan transformasi digital telah menjadi pembahasan utama di dunia teknologi selama beberapa tahun terakhir.

Kamu mungkin mengira bahwa 4G saat ini sudah menyediakan jaringan andal yang telah menemani kehidupan sehari-hari setiap orang, mulai dari pesan antar makanan dan belanja daring, hingga pemesanan transportasi online dan masih banyak lagi, semuanya dapat dilakukan hanya dengan satu aplikasi.

Lalu, mengapa kita harus beralih ke 5G? Dikatakan bahwa teknologi generasi kelima tersebut akan memberikan kecepatan yang lebih tinggi dan latensi yang sangat rendah, tetapi apakah hanya itu?

Masih banyak nilai dan manfaat yang akan dibawa 5G ke depannya. Konsumen pun memiliki minat besar pada potensi jaringan 5G.

Baca Juga: Counterpoint: Ponsel 5G Makin Diminati Masyarakat Indonesia

Kebutuhan ini semakin dipercepat akibat pandemi COVID-19 saat ini.

Ilustrasi tentang teknologi jaringan 5G (Shutterstock).
Ilustrasi tentang teknologi jaringan 5G (Shutterstock).

Ericsson sebagai pemimpin ICT global ingin mengajak kamu mengenal lebih jauh tentang 5G.

1. 5G bukan hanya tentang kecepatan, tetapi juga kapasitas
5G dirancang untuk memberikan lebih banyak kapasitas dalam jaringan, lebih banyak "ruang" untuk digunakan, yang berarti ada lebih banyak ruang bagi semua orang dan perangkat pun akan mendapatkan kecepatan data yang lebih tinggi.

Sederhananya, teknologi 5G memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung sekaligus.

Generasi jaringan seluler sebelumnya seperti 3G dan 4G mengalami kesulitan dalam memberikan performa konsisten apabila terhubung pada terlalu banyak device di tempat yang bersamaan.

Baca Juga: Hadiri Peluncuran Layanan 5G, Andi Sudirman Wisata Virtual ke Pulau Samalona

Beberapa dari kita mungkin pernah mengalami hal ini ketika mencoba menggunakan ponsel kita selama acara olahraga atau konser yang ramai.

Komentar