alexametrics

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Pembagian Kelompoknya

Rifan Aditya
Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Pembagian Kelompoknya
Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Pembagian Kelompoknya - Bunga Bangkai yang mekar di area Kebun Raya Cibodas Cianjur [Fauzi/Suarabogor.id]

Mengenal keberagaman hingga persebaran flora dan fauna di Indonesia tentu penting, agar kita dapat melestarikan dan menjaga keberadaannya supaya tidak punah

Suara.com - Indonesia tak hanya dikenal dengan keindahan wisata alam atau budayanya, namun juga keragaman flora fauna yang unik hingga eksotik jadi daya tarik tersendiri. Saking banyaknya jenis juga persebaran flora dan fauna di Indonesia, keberadaan mereka pun juga terbagi menjadi beberapa kelompok.

Mengenal keberagaman hingga persebaran flora dan fauna di Indonesia tentu penting, agar kita dapat melestarikan dan menjaga keberadaannya supaya tidak punah. Lantas, seperti apa persebaran flora dan fauna di Indonesia? Berikut ini penjelasannya.

Persebaran Flora di Indonesia

Jenis dan persebaran flora di Indonesia terbagi dalam tiga kelompok yakni:

Baca Juga: Anti Mainstream, Ini 7 Tempat Wisata Unik di Indonesia

1. Kawasan Barat (Asiatis)

Jenis flora yang ada di kawasan barat cenderung bercorak asiatis. Jenis flora ini dapat Anda temui di Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Mereka yang termasuk dalam flora kawasan barat hidup di hutan hujan tropis. Salah satu karakteristik tanaman hutan hujan tropis ialah berukuran tinggi dan besar.

Pepohonannya pun membentuk tajuk yang memiliki banyak lapisan. Bahkan, tingginya bisa mencapai lebih dari 45 meter. Tak hanya pepohonan, banyak pula bunga-bunga eksotik seperti bunga bangkai dan anggrek yang tumbuh subur di hutan hujan tropis ini.

2. Kawasan Peralihan (Wallace)

Kawasan peralihan atau wallace terletak di Pulau Sulawesi, NTB, NTT, dan Pulau Maluku. Flora yang masuk dalam kawasan peralihan umumnya tanaman yang hidup di iklim kering dan suhu panas. Vegetasi yang ada di kawasan ini ialah sabana dan setepa untuk wilayah NTT dan NTB, hutan pegunungan di wilayah Sulawesi, hutan campuran di wilayah Maluku.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata NTT yang Wajib Dikunjungi, Cocok untuk Jiwa Petualang

3. Kawasan Timur (Australiatik

Komentar