facebook

Format M3 Mobile Legends dari Babak Playoffs hingga Grand Final

Liberty Jemadu
Format M3 Mobile Legends dari Babak Playoffs hingga Grand Final
Format M3 Mobile Legends di fase Playoffs hingga Grand Final sangat menarik dicermati. Tim-tim lower bracket akan melewati jalan berliku. Foto: Drawing Group Turnamen M3 Mobile Legends 2021. [Instagram/@mpl.id.official]

Format M3 Mobile Legends dari babak Playoffs hingga Grand Final memang sedikit rumit, meskipun juga asyik.

Suara.com - Turnamen M3 Mobile Legends telah memasuki babak Playoffs mulai hari ini, 11 Desember 2021. Sebanyak 16 tim akan mulai berjibaku, melewati sejumlah pertandingan dengan format yang lumayan rumit agar bisa menuju grand final di 19 Desember nanti.

Lalu bagaimana cara membaca format M3 Mobile Legends dari babak Playoffs hingga ke Grand Final? Berikut adalah bagan resmi yang dirilis penyelenggara turnamen:

Format M3 Mobile Legends di babak Playoffs hingga grand final. [Dok Mobile Legends]
Format M3 Mobile Legends di babak Playoffs hingga grand final. [Dok Mobile Legends]

Dalam bagan di atas terlihat bahwa babak dalam Playoffs, tim terbagi dalam dua kelompok. Upper bracket untuk para juara dan runner up grup. Sementara sisanya di lower bracket.

Upper bracket
Untuk mereka di upper bracket, pertandingan putaran pertama Playoffs akan digelar selama 11 - 12 Desember. Format pertandingan di upper bracket langsung dengan Best of 5 (BO5), yang artinya setiap duel akan berlangsung dalam maksimal 5 babak.

Baca Juga: Hasil Semua Pertandingan Babak Grup M3 MLBB, Lengkap dengan Klasemen

  • Tim yang kalah di pertandingan pertama upper bracket tidak akan langsung tersingkir, tetapi masih bisa berjuang kembali di lower bracket.

  • Sementara yang menang, akan langsung lolos ke babak semifinal upper bracket pada 15 dan 16 Desember.

  • Yang menang di babak semifinal, akan terus ke final upper bracket pada 18 Desember. Sementara yang kalah, masih bisa bertarung di babak perempat final lower bracket.

  • Pemenang final upper bracket akan menantang juara lower bracket di partai Grand Final pada 19 Desember. Yang kalah, masih bisa berlaga di final kedua lower bracket pada 18 Desember.

Lower bracket
Format pertandingan lower bracket awalnya adalah Best of 3 (BO3). Artinya, setiap laga akan maksimal berjalan selama 3 babak. Putaran pertama Playoffs lower bracket akan dipadatkan dalam satu hari, yakni pada 13 Desember. Dengan demikian akan ada 4 pertandingan di hari tersebut.

  • Yang kalah dari laga putaran pertama di Playoffs akan otomatis tersingkir.

  • Sementara yang tim-tim menang akan lanjut ke putaran kedua dan melawan tim-tim yang kalah di putaran pertama Playoffs Upper Bracket. Di fase ini, laga masih berformat BO3. Pertandingan ini akan digelar pada 14 Desember.

  • Tim-tim yang kalah di putaran kedua lower bracket, akan tersingkir. Empat tim yang menang akan bertarung di babak perempat final lower bracket yang berlangsung pada 15 Desember. Di sini, format pertandingan berubah menjadi BO5.

  • Para pemenang dari babak perempat final lower bracket akan melaju ke semifinal. Lawannya adalah dua tim yang kalah di fase semifinal upper bracket. Pertandingan ini digelar pada 17 Desember.

  • Dua pemenang laga semifinal akan diadu dalam laga final lower bracket pertama.

  • Pemenangnya akan kembali bertarung di final kedua melawan tim yang kalah di final upper bracket. Dua pertandingan ini akan berlangsung di 18 Desember.

  • Pemenang final kedua lower bracket ini akan menantang juara upper bracket di Grand Final yang berlangsung pada 19 Desember. Laga ini berformat Best of 7 (BO7) atau berlangsung maksimal 7 babak.

Demikianlah format Playoffs M3 Mobile Legends yang mulai digelar 11 Desember hari ini. Selamat menikmati.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar