facebook

Mengenal Fungsi Tulang Telapak Kaki dan Anatominya

Chyntia Sami Bhayangkara
Mengenal Fungsi Tulang Telapak Kaki dan Anatominya
Ilustrasi fungsi tulang telapak kaki (pixabay)

Jika telapak kaki sakit, seluruh tubuh akan merasa sakit. Anatomi fungsi tulang telapak kaki juga menentukan keseimbangan tubuh manusia.

Suara.com - Tulang merupakan rangka tubuh yang membentuk kesempurnaan tubuh manusia. Ada beragam jenis tulang, misalnya tulang leher sampai tulang telapak kaki. Apa fungsi tulang telapak kaki?

Tulang memiliki fungsinya masing-masing. Jika salah satu tulang bermasalah maka seluruh tubuh akan merasakannya. Dalam artikel ini, kita akan bahas secara khusus fungsi tulang telapak kaki. 

Fungsi Tulang Telapak Kaki

1. Sebagai tumpuan

Baca Juga: Mengenal Sistem Peredaran Darah Kecil dalam Tubuh Manusia

Fungsi pertama yang paling jelas terlihat ialah sebagai tumpuan. Fungsi tulang telapak kaki sebagai tumpuan memiliki peranan penting pada manusia untuk berpijak. Kita bisa bergerak dengan bebas, dari berjalan sampai melompat dengan baik karena memiliki tulang telapak kaki ini. Oleh karena itu fungsi utama secara kasat mata yang bisa dilihat tentu saja sebagai penopang tubuh kita dalam berbagai aktivitas. 

2. Menjaga keseimbangan tubuh

Menjaga keseimbangan tubuh juga bagian dari fungsi tulang telapak kaki. Jika salah satu bagian dari telapak kaki kita sakit, kita tidak bisa berjalan atau berdiri dengan nyaman, itu akan membuat keseimbangan tubuh kita juga goyah.

Aktivitas kita pun akan terganggu karena ingat penjelasan nomor satu, fungsi tulang telapak kaki sebagai tumpuan yang berarti juga sebagai menahan beban tubuh kita saat beraktivitas. Bila penopang itu goyah, seluruh tubuh kita goyah. 

Anatomi Tulang Telapak Kaki

Baca Juga: 3 Makanan Ini Terbukti Membuat Otak Lebih Fokus dan Ampuh Atasi Lemot!

Fungsi tulang telapak kaki bisa berjalan sempurna ketika struktur atau anatomi tulang telapak kaki juga terbentuk sempurna. Berikut tiga bagian utama anatomi tulang telapak kaki manusia. 

Komentar