facebook

Atasi Bocornya Riwayat Penulusuran Pengguna dan ID Google di Safari, Apple Rilis iOS 15.3

Dythia Novianty
Atasi Bocornya Riwayat Penulusuran Pengguna dan ID Google di Safari, Apple Rilis iOS 15.3
Browser Safari di iPhone. [Shutterstock]

Apple memperbaiki bug Safari yang menyebabkan bocornya riwayat penelusuran pengguna dan ID Google, dengan meluncurkan iOS 15.3 dan iPadOS 15.3.

Suara.com - Apple memperbaiki bug Safari yang menyebabkan bocornya riwayat penelusuran pengguna dan ID Google, dengan meluncurkan iOS 15.3 dan iPadOS 15.3.

Keduanya dirilis untuk pengembang dan pengguna beta. Bug ini pertama kali ditemukan oleh FingerprintJS.

Terungkap bahwa situs web dapat menggunakan eksploit yang ditemukan di IndexedDB (API Javascript yang digunakan untuk menyimpan data), untuk mengakses URL yang baru-baru ini dikunjungi oleh pengguna dan mendapatkan ID Google pengguna dan data pribadi terkait.

Namun, eksploitasi telah diperbaiki dengan iOS 15.3 dan macOS Monterey 12.2. FingerprintJS telah membuat situs web demo untuk menunjukkan cara kerja bug.

Baca Juga: Sejumlah Pengguna iPhone 13 Alami Bug, Layar Berubah Jadi Warna Pink

Siapa pun dapat mengakses situs web untuk melihat bagaimana ia mengetahui beberapa URL yang baru-baru ini Anda kunjungi dan detail tentang ID Google.

Saat menjalankan pengujian yang sama pada perangkat yang diperbarui ke iOS 15.3 RC dan macOS 12.2 RC, situs web tidak menampilkan data dan menyatakan bahwa pengguna tidak masuk ke Akun Google.

iOS 15.3RC. [9to5Mac]
iOS 15.3RC. [9to5Mac]

Dilansir laman 9to5mac, Kamis (27/1/2022), menurut FingerprintJS, eksploit memengaruhi semua rilis iOS 15 dan macOS Monterey sebelum build hari ini.

iOS 14 tidak terpengaruh oleh bug serta pengguna yang masih memiliki Safari 14 di Mac yang menjalankan versi sebelum macOS Monterey.

Tampaknya, iOS 15.3 tidak menyertakan fitur tambahan atau perbaikan yang jelas.

Baca Juga: Bocoran Fitur iPhone 15 Pro, Apple Siapkan Sensor Kamera Ini

Apple terakhir memperbarui iOS dengan versi 15.2, yang mencakup peningkatan untuk mode makro iPhone 13 Pro, paket suara-saja senilai 4,99 dolar AS untuk Apple Music, program Digital Legacy, dan Laporan Privasi Aplikasi Apple.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar