facebook

Tips Agar WIFI Tak Dicuri Tetangga, Mudah dan Aman!

Farah Nabilla
Tips Agar WIFI Tak Dicuri Tetangga, Mudah dan Aman!
Ilustrasi Laptop yang Terkoneksi dengan Jaringan WIFI [Pixabay]

Berikut ini tips agar WIFI tidak dicuri tetangga.

Suara.com - Berikut ini penjelasan agar jaringan WIFI tidak mudah dibobol atau dicuri oleh tetangga atau orang - orang iseng yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut kadangkala bisa membuat jaringan WIFI menjadi lemot.

Melansir dari kanal YouTube Arta Elektronika yang mengunggah video dengan judul ‘How To Secure Your Home WIFI From Hacker’ pada Rabu (16/10/2019), adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke dalam IP router, apabila menggunakan router ZTE bisa mengetikkan 192.168.1.1 pada peramban atau chrome.
  2. Setelah masuk ke dalam menu login, apabila belum pernah merubah sama sekali, maka bisa mengetikkan username ‘admin’ dan password ‘admin’. Atau kalau tidak bisa login, dapat dengan mengetikkan username ‘user’ dan password ‘user’. Jika sudah diganti, maka masukkan username dan password yang sudah sesuai dengan yang diganti.
  3. Pilih pada bagian network, lalu pilih SSID settings.
  4. Pilih atau centang ‘Hide SSID’ atau ‘Enable SSID Isolation’. Agar SSID tidak muncul disaat orang sedang mencari jaringan WIFI.
  5. Pilih submit.
  6. Setelah itu masuk ke dalam menu security.
  7. Pilih authentication type ‘WPA/WPA2-PSK’.
  8. Lalu submit.
  9. Apabila langkah di atas sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah masuk ke menu WPS.
  10. Setelah masuk WPS, lalu memilih disabled. Tujuannya adalah agar orang - orang tidak mudah menemukan atau membobol jaringan WIFI.

Untuk diketahui, cara lain agar WIFI tidak mudah dibobol adalah dengan memperkuat password yang dimiliki. Biasanya, password yang kuat merupakan kombinasi huruf besar dan kecil serta ada angkanya.

Atau bisa juga melakukan Block MAC Address, caranya adalah masuk ke dalam IP router. Apabila menggunakan router ZTE, maka bisa dengan mengetikkan 192.168.1.1 pada peramban atau chrome.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Jaringan WIFI, Biar Nggak Ribut Sama Tetangga

Masuk ke menu login, lantas ke menu interface setup > wireless > Wireless MAC Address Filter> Activated > Masukan Mac Address yang ingin kalian daftarkan > Klik  Save.

Bisa juga agar lebih amannya, bisa memasang mikrotik dengan login page.  Namun, apabila ingin menggunakan fitur ini, caranya cukup ribet. Lebih mudahnya adalah memanggil jasa orang yang bisa memasangkannya. Lantas apabila ingin mengetahui siapa saja yang ingin mencuri WIFI, maka bisa menggunakan aplikasi Block WIFI FreeLoader, yang bisa didownload secara gratis di internet.

Demikianlah penjelasan mengenai cara agar WIFI yang ada di rumah tidak mudah dicuri tetangga atau orang iseng. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat.

Kontributor : Agung Kurniawan

Baca Juga: Curhat Seorang Sender Soal Tetangga Tiga Rumah Minta Password Wifi Meski Sudah Diubah

Komentar