facebook

Prosesor Intel Core Generasi 12 Resmi Dikenalkan ke Indonesia, Ini Daftar Laptop Penggunanya

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Prosesor Intel Core Generasi 12 Resmi Dikenalkan ke Indonesia, Ini Daftar Laptop Penggunanya
Intel Core Generasi 12 diperkenalkan di Jakarta pada Rabu (25/5/2022). Akan tersedia di 30 model laptop. [Intel Indonesia]

Ada 30 model laptop yang akan menggunakan prosesor Intel Core Generasi 12 di Indonesia.

Suara.com - Intel resmi mengumumkan ketersediaan lebih dari 30 model laptop yang diperkuat prosesor Intel Core Generasi ke-12 di Indonesia. Jajaran laptop ini termasuk dari brand seperti Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, hingga MSI.

"Kami sangat antusias dengan peluncuran prosesor 12 Gen Intel Core terbaru di Indonesia dan bergabungnya para mitra OEM kami untuk menampilkan jajaran laptop yang ditenagai oleh prosesor baru itu," ujar Director of Consumer Sales Asia Intel Corporation, Cekiel Danielson dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Prosesor Intel Generasi ke-12 adalah chipset pertama berbasis teknologi proses Intel 7 dan menggunakan performance hybrid architecture terbaru. Perpaduan ini menghasilkan peningkatan performa yang besar guna menangani berbagai beban kerja PC.

Keluarga prosesor 12th Gen Intel Core mobile meliputi prosesor U dan P-series mobile terbaru. Dengan hingga 14 core dan 20 thread dan menampilkan grafis terintegrasi Intel Iris Xe, prosesor P-series terbaru akan bekerja dengan base power 28W dan dirancang untuk laptop thin-and-light dengan performa tinggi.

Baca Juga: Acer Luncurkan Swift 3 OLED Terbaru, Diotaki Prosesor Intel Core Seri H Generasi ke-12

Sedangkan prosesor U-series bekerja dengan base power 9 hingga 15W dan dirancang untuk laptop yang dioptimalkan dengan form factor thin-and-light. Jajaran prosesor mobile ini dirancang khusus untuk performa yang dibutuhkan oleh berbagai laptop thin-and-light serta beragam form factor mutakhir.

Keluarga prosesor ini juga mencakup 12th Gen Intel Core H-series, yang salah satunya yaitu Intel Core i9-12900HK. Chipset itu diklaim menjadi platform mobile gaming terbaik di dunia sekaligus prosesor mobile tercepat.

Dengan menggabungkan Performance-cores (P-cores) dan Efficient-cores (E-cores) serta prioritas beban kerja secara cerdas dan distribusi manajemen melalui Intel® Thread Director, prosesor Intel Core i9-12900HK terbaru meningkatkan performa sistem dalam aplikasi single maupun multi-threaded.

Hadir pula prosesor 12th Gen Intel® Core HX series yang menggunakan silikon berkaliber desktop dalam paket mobile. Ini menghadirkan kinerja tingkat tinggi pada alur kerja profesional seperti CAD, animasi, dan efek visual.

Seri prosesor ini menawarkan hingga 16 core (8 Performance-core dan 8 Efficient-core) dan 24 thread yang bekerja dengan base power prosesor 55W. Desain sistem yang menggunakan HX-series akan tersedia di Indonesia dalam waktu dekat.

Baca Juga: Dell Precision 5470 Diluncurkan, Dibekali Intel Core H Generasi 12

Selain itu, perusahaan juga memperkenalkan sertifikasi Intel Evo generasi ke-3. Laptop yang menampilkan badge Intel® Evo™ artinya sudah dites seperti menguji pengalaman konferensi video, respons, instant wake, daya tahan baterai yang lama, hingga fast charging.

Komentar