Menteri Teten Apresiasi Inovasi Daerah di Pahlawan Digital UMKM

Liberty Jemadu
Menteri Teten Apresiasi Inovasi Daerah di Pahlawan Digital UMKM
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki membuka ajang Pahlawan Digital UMKM di Jakarta mulai Senin (3/10/2022). [Antara]

Aplikasi-aplikasi di ajang Pahlawan Digital UMKM ini didominasi bukan lagi dari Jakarta, tapi dari daerah.

Suara.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memuji inovasi-inovasi digital yang diperlombakan dalam ajang Pahlawan Digital UMKM yang digelar di Jakarta pada Senin (3/10/2022).

Ia mengatakan munculnya beragam inovasi digital dalam bentuk startup ini bisa membantu mengembangkan UMKM sehingga naik kelas.

“Muncul anak-anak muda yang mengembangkan aplikasi digital sekarang jadi bisnis bagus. Saya senang visi bisnisnya, menolong orang di tengah kesulitan, itu yang akan berkembang,” ujar Teten seperti dilansir dari Antara.

Sejumlah startup pun terdaftar dalam program Pahlawan Digital edisi kedua seperti aplikasi yang membantu peternak mengawasi binatang ternak hingga aplikasi yang membantu UMKM mengekspor hasil produksinya ke luar negeri.

Baca Juga: Cosmart Dulang Pendanaan Awal 5 Juta Dolar AS

“Dan aplikasi-aplikasi ini didominasi bukan lagi dari Jakarta, tapi dari daerah, lebih spesifik terhadap bidang usahanya, juga lokal,” jelasnya.

Hal ini menurut Teten, memberikan kesempatan yang baik bagi pelaku usaha mikro yang tidak bisa masuk ke pasar digital secara nasional dapat terfasilitasi.

Hingga kini telah terpilih 20 besar pemenang program Pahlawan Digital. Pihaknya ingin berkolaborasi untuk mempercepat proses digitalisasi koperasi dan UMKM.

Ke depannya dari segi bisnis, pemenang Pahlawan Digital akan kolaborasi dengan KemenKop dan UKM serta akan dilibatkan dalam program digitalisasi UMKM dan koperasi.

“Bagi startup digital yg lolos, banyak yang akan menjadi target investor salah satunya di belakang saya (Putri Tanjung),” kelakarnya.

Baca Juga: Telkomsel Gelar Acara Puncak Tinc Batch 7

Lebih lanjut, program Pahlawan Digital yang diinisiasi Staf Presiden RI Putri Tanjung serta KemenKop dan UKM ini memiliki perkembangan yang signifikan.