Manfaatkan YouTube, Mikha Tambayong Ajak Anak Muda Belajar Tarian Daerah

Yulita Futty | Vessy Dwirika Frizona

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan tarian daerah.

Suara.com - Di tengah minimnya minat, berkurangnya tenaga pengajar bertalenta, dan rendahnya kesadaran melestarikan tarian daerahMikha Tambayong sebagai ikon Indonesia Menari justru menganggap ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan tarian daerah.

"Aku tanya sama salah satu koreografer, para peserta kompetisi tari daerah belajarnya lewat mana, katanya ada yang belajar dari Youtube untuk tarian-tarian yang tidak banyak dikuasai. Nah, dari situ aku perhatikan kita bisa kok belajar tari daerah dari mana aja. Sekarang kalau mau nggak usah susah-susah cari pelatih atau sanggar, belajar lewat Youtube aja bisa," ucap Mikha dalam bincang singkat dengan Suara.com baru-baru ini di Jakarta.

Kemudian, menurut Mikha, kita juga bisa belajar lewat kompetisi menari. Karena ia menilai masih banyak peserta yang antusias dan ingin mengikuti kompetisi.

"Pertama aku salut sih dan nggak nyangka banget. Mulai dari antusias jumlah peserta dan aku liat kostumnya semua persiapan mereka hingga penampilannya aku sangat kagum, sih. Niat banget dan sangat proper. Aku mengpresiasi segala upaya mereka semua. Mereka semangat dan sangat mendukung satu sama lain. Itu menunjukkan anak muda mulai sadar untuk melestarikan budaya, khususnya tarian Indonesia," katanya.

Video Editor: Yulita Futty Hapsari

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS