5 Tips Meraih Sukses ala Bob Sadino

Angelina Donna
5 Tips Meraih Sukses ala Bob Sadino
Ilustrasi (shutterstock)

Keberanian mengambil risiko inilah yang juga harus dimiliki seorang pengusaha

Suara.com - Siapa yang tidak kenal dengan pengusaha Bob Sadino? Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengetahui sosoknya sebagai pengusaha yang sukses. Namun jika ditelaah, kesuksesan beliau tidaklah didapat dengan mudah.

Penuh dengan perjuangan dan pengorbanan untuk mencapai kata sukses tersebut serta tidak lepas pula dari sebuah kegagalan. Namun beliau tetap bangkit dan melanjutkan usahanya sampai beliau mendapatkan kesejahteraannya hingga beliau menghembuskan nafas terakhirnya.

Dari kisah perjalanan Bob Sadino, banyak yang bisa kita pelajari untuk mendapatkan kesuksesan yang tentunya semua orang harapkan. Namun untuk mendapatkan kesuksesan tersebut, diperlukan mental yang kuat khusunya dalam menghadapi setiap kegagalan.

Kegagalan bisa menjadi sebuah jalan untuk kesuksesan jika kita pelajari dan kemudian dijadikan sebagai suatu motivasi. Sikap inilah yang merupakan salah satu karakter yang dimiliki oleh Bob Sadino sehingga beliau mampu mendirikan perusahaan besarnya yakni Kemfood dan Kemchick.

Selain itu, ada beberapa karakter atau sikap yang wajib dipunyai oleh seorang untuk menjadi pengusaha. Banyak sikap yang bisa kita contoh dari sosok Bob Sadino dalam menjalankan bisnis. Berikut beberapa tips untuk meraih sukses ala Bob Sadino.

1. Mempunyai Kemauan yang Keras

Sikap yang satu ini wajib dimiliki oleh pengusaha untuk memulai suatu bisnis. Kemauan yang keras akan menuntun seseorang untuk mencapai kesuksesan. Dengan kemauan keras, kita akan mampu melewati setiap kendala atau masalah dalam menjalankan bisnis baik di awal maupun pada perjalanannya. Sikap inilah yang juga dimiliki oleh Bob Sadino, beliau mempunyai kemauan keras untuk membangun perusahaannya.

2. Mempunyai Tekad yang Kuat

Setelah memiliki kemauan yang keras, sikap berikutnya yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha adalah mempunyai tekad yang kuat. Tekad yang kuat akan membantu kita dalam menjalankan setiap langkah dan rencana suatu bisnis agar sesuai dengan perencanaan atau misi bisnis tersebut. Meski ujian yang datang tidak sedikit, dengan tekad yang kuat maka akan membantu kita untuk selalu konsisten ketika menjalankan usaha tersebut.

3. Mempunyai Mental yang Kuat

Kegagalan dalam sebuah bisnis merupakan hal yang biasa dan wajar. Yang tidak biasa adalah ketika kita mampu untuk bangkit dari kegagalan tersebut. Mental seperti inilah yang wajib dipunyai oleh pengusaha jika ingin mendapatkan kesuksesan. Tidak sedikit para pengusaha yang memilih mundur karena tidak sanggup untuk bangkit dan memulai bisnis yang baru. Mental yang kuat mampu menciptakan kita menjadi seorang yang tahan banting terhadap segala kondisi dan situasi yang terjadi. Sikap inilah yang juga dimiliki oleh pengusaha Bob Sadino sehingga beliau mampu mencapai sukses.

4. Mempunyai Keberanian untuk Mengambil Risiko

Saat memulai suatu bisnis, tentunya banyak keputusan yang harus diambil. Banyak dari pengusaha merasa takut untuk membuat keputusan apabila perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan. Keberanian mengambil risiko inilah yang juga harus dimiliki seorang pengusaha ketika menjalankan suatu bisnis. Sikap ini pula yang akan menentukan bisnis kita, apakah akan maju dan berkembang atau hanya stagnan dan tidak mengalami kemajuan dan perkembangan atau bahkan mengalami kebangkrutan. Contoh sederhana saja, kita harus berani untuk untuk membuat inovasi atau strategi strategi yang baru jika ingin bisnis kita maju dan berkembang.

5. Berdoa, Ikhlas dan Bersyukur

Selain sikap sikap di atas, berdoa juga wajib dilakukan oleh seorang pengusaha. Berdoa juga akan menjadi sebuah kekuatan untuk usaha-usaha yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan berdoa, kita menyerahkan segala hasil pada Sang Pencipta. Dengan demikian, hati dan pikiran akan lebih tenang serta lebih fokus untuk menjalankan bisnis tersebut. Selain berdoa, rasa ikhlas dan bersyukur juga harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Dengan begitu, seorang pengusaha dapat lebih bisa memaknai hasil daripada kerja kerasnya.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Kartu Kredit Ini Cocok Digunakan Para Retailer dan Distributor

Pahami Istilah-Istilah dalam Simulasi Perhitungan Kredit Mobil

Apa Saja Kebutuhan Ketika Hamil yang Harus Dipenuhi? Ini Jawabannya

Published by

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS