Dua Proyek Infrastruktur di Sumsel Ini Butuh Dana Rp45 Triliun

Adhitya Himawan
Dua Proyek Infrastruktur di Sumsel Ini Butuh Dana Rp45 Triliun
Kawasan ekonomi khusus. (setkab.go.id)

Kedua pembangunan itu memang membutuhkan dana cukup besar karena merupakan proyek strategis.

Suara.com - Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus dan pelabuhan internasional Tanjung Carat Tanjung Api Api Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan diperkirakan mencapai Rp45 triliun.

Kedua pembangunan itu memang membutuhkan dana cukup besar karena merupakan proyek strategis, kata Direktur Utama PT Sriwijaya Mandiri Sumsel IGB Surya Negara di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (4/1/2018).

Lebih lanjut dia mengatakan, nilai pendanaan Rp45 triliun itu diperlukan untuk membangun seluruh fasilitas di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api Api, termasuk pula pembebasan sisa lahan sampai dengan 2.030 hektare.

Selain itu pendanaan untuk mereklamasi Tanjung Carat dan membangun pelabuhannya, ujar dia.

Menurut dia, bukan itu saja tetapi juga membangun infrastruktur jalan kawasan, listrik, air hingga pengolahan limbah.

Jadi wajar bila dananya besar karena fasilitas yang dibangun cukup banyak, ujar dia.

Dia mengatakan, untuk prioritas awal yang harus segera dirampungkan pihaknya bersama PT Sriwijaya Tanjung Carat pembebasan lahan, pasalnya para rekanan akan memulai pembangunan.

Memang, lanjut dia, saat ini lahan yang baru dibebaskan seluas 66,13 hektare dari total 217 ha yang akan dibebaskan pada tahap pertama.

Pembebasan lahan tahap pertama itu menggunakan data pemerintah daerah melalui APBD Sumsel senilai Rp55 miliar pada 2015.

Hal ini karena Pemerintah Provinsi Sumsel hanya mampu membebaskan lahan 66,13 ha sehingga untuk mempercepat pembangunan perlu menggandeng swasta, katanya.

Dia mengatakan, targetnya pematangan KEK TAA dapat selesai pada 2019, sementara reklamasi pelabuhan laut dalam sendiri diharapkan selesai pada akhir 2020. (Antara)

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Jika kamu memilih untuk mencinta, bertahanlah. Jangan kau biarkan cinta yang membuat kamu larut dalam perahu kertas yang mengalir itu. Karena, hanya hati mu yang tau..
.
.
-------
Follow @Suaradotcom - Tanpa Suara Beda Artinya
-------
.
.
#Suaradotcom #Infopenting #Infojakarta #beritahariini #Foto #Jakarta #Quotes #Quotesoftheday #perahukertas

INFOGRAFIS